DPR Kesulitan Membantu karena Kabut Asap bukan Bencana Nasional

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 21 Oct 2015 18:04 WIB
asap
DPR Kesulitan Membantu karena Kabut Asap bukan Bencana Nasional
Pengendara roda dua melintas di tengah-tengah asap dari kebakaran hutan. (Foto:antara/Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah diminta segera menetapkan kebakaran hutan sebagai bencana nasional. Penetapan itu memudahkan DPR untuk mendukung penuh upaya penanggulangan asap. Namun, proses hukum terhadap pelaku pembakaran tetap harus berjalan.
 
"Ada satu langkah yang belum dilakukan pemerintah, menyatakan (kabut asap) sebagai bencana nasional," kata anggota Komisi IV dari Fraksi PKB, Daniel Johan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2015).
 
Menurut dia, jika pemerintah telah menetapkan kabut asap sebagai bencana nasional, DPR dapat memberikan dukungan penuh untuk mengatasi masalah tersebut. "Mau anggaran, mau sumber daya. Itu ada aturannya. Termasuk membuka ruang bagi negara lain untuk membantu. Itu dasarnya kemanusiaan," ujarnya.
 
Ia mengakui, pemerintah telah mengerahkan seluruh upaya untuk menyelesaikan kabut asap itu. Namun, pernyataan bencana nasional belum dilakukan.
 
"Jangan berpikir pernyataan bencana nasional sebagai pengampunan kepada pembakar hutan. Jangan diambil logika begitu," katanya.
 
Menurutnya, pemerintah harus memberikan tindakan tegas kepada pelaku pembakaran agar bencana ini tidak terulang. "Ini bencana yang disengaja. Pelaku pembakaran harus ditangkap dan diberikan sanksi," tegas dia.


(FZN)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

5 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA