Kadin: Pemerintah Responsif Hadapi Pelemahan Ekonomi

Husen Miftahudin    •    Rabu, 21 Oct 2015 18:04 WIB
ekonomi indonesia
Kadin: Pemerintah Responsif Hadapi Pelemahan Ekonomi
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Kadin (Kamar Dagang Indonesia), Suryo Bambang Sulisto menilai langkah pemerintah sudah tepat dalam menghadapi pelemahan ekonomi. Meski belum berdampak signifikan, dia menilai, paket-paket kebijakan ekonomi yang digulirkan pemerintah diakui telah mendorong pelaku usaha dalam negeri untuk meningkatkan produktifitas.

Dia berpendapat efek pelemahan global saat ini masih mendominasi industri dalam negeri. Hal ini karena dorongan pemerintah baru saja dimulai, sehingga butuh waktu untuk memperbaiki iklim industri nasional.

"Pak Jokowi kan menjadi presiden pada saat perekonomian dunia melemah, harga komoditas menurun, dolar menguat jadi memang kondisi lingkungan yang dihadapi memang berat. Kalau mengharapkan kinerja perekonomian kita maksimal, ya saya kira juga tidak tepat," ujar Suryo ditemui di Menara Kadin Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Kav 2-3, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2015).

Dia menilai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah sudah cukup menyentuh permasalahan yang dihadapi oleh dunia usaha, menjawab harapan aspirasi dunia usaha karena menyangkut kebijakan debirokrasi, deregulasi. Juga membantu usaha menengah kecil, penurunan harga BBM. 

"Saya kira sudah tepat sasaran," tambahnya.

Namun, papar Suryo, pemerintah harus dapat mengimplementasi paket-paket kebijakan ekonomi tersebut agar benar-benar mendorong dunia usaha. Selain itu, pemerintah diharap memberi strategi jangka menengah agar mampu menggairahkan perekonomian dalam negeri.

"‎Kita hadapi perekonomian dunia yang begitu sulit tetapi yang penting langkah-langkah apa dan strategi jangka menengah yang bisa ditetapkan pemerintah dan membawa perekonomian menjadi kuat lagi. Diharapkan implementasinya dan perlu lihat kemudian (hasilnya)," pungkas Suryo.


(SAW)