Modal Belum Cukup, Bank MNC Berencana Masuk Buku III

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 21 Oct 2015 18:24 WIB
mnc bank
Modal Belum Cukup, Bank MNC Berencana Masuk Buku III
Ilustrasi MNC Bank -- FOTO: MTVN/AHL

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) (Bank MNC) berencana untuk naik kelas dengan masuk ke BUKU III di 2019-2020. Namun, naik kelas ini bukan perkara mudah bahkan bisa dikatakan sulit karena Bank MNC harus memiliki modal dikisaran Rp5 triliun sampai dengan kurang dari Rp30 triliun. 

Tentu hal ini menjadi tantangan yang begitu besar bagi Bank MNC mengingat modal yang dimiliki belum mencapai Rp5 triliun, apalagi Rp30 triliun. Tentu harus ada upaya yang tidak mudah karena situasi dan kondisi ekonomi Indonesia tengah tidak menentu sehingga sulit untuk menggenjot aktivitas bisnis.

"Harapan besar kami didorong dari penambahan modal dari pemegang saham khususnya PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). Kebanyakan akan kita arahkan lewat right issue," ungkap Direktur Utama Bank MNC Internasional Benny Purnomo, ditemui di‎ MNC Tower, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Dalam hal ini, Benny optimistis akan mendapat tambahan modal sebesar Rp3 triliun. Sampai kuartal III-2015, modal Bank MNC tercatat mencapai Rp1,2 triliun. Diperkirakan modal tersebut akan meningkat menjadi Rp1,9 triliun bila aksi korporasi right issue yang lebih dari Rp600 miliar bisa terserap penuh.

Benny menambahkan, sampai akhir 2015 total aset Bank MNC bisa mencapai Rp11,7 triliun atau meningkat dari posisi aset sebesar Rp11,1 triliun per September 2015.‎ Kenaikan total aset masih sejalan dengan pertumbuhan kredit yang mencapai 20 persen hingga akhir tahun.

Selain dari right issue, lanjutnya, dorongan untuk meningkatkan aset bisa dilakukan dengan cara menyisihkan dari hasil keuntungan yang digapai, di mana Bank MNC mendapatkan laba bersih Rp7,6 miliar di kuartal III-2015, setelah sebelumnya mengalami kerugian begitu luar biasa yakni sebesar Rp20 miliar di 2014.

"Hasil keuangan yang dicapai dalam usia satu tahun Bank MNC menunjukkan proses transformasi yang dilakukan sesuai rencana. Fokus utama manajemen kami memperbaiki segmen yang ada agar bank menjadi sehat dan kuat," tutup dia.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA