Menteri Susi Komandan Satgas Illegal Fishing

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 21 Oct 2015 18:35 WIB
illegal fishing
Menteri Susi Komandan Satgas <i>Illegal Fishing</i>
Susi Pudjiastuti. Foto: MTVNTri Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membentuk struktur organisasi setelah diresmikannya Peraturan Presiden (Perpres) No.115 Tahun 2015 tentang satuan tugas (Satgas) pemberatasan illegal fishing.

Dalam struktur organisasi tersebut, Menteri KKP Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Komandan Satgas. Sedangkan untuk Kepala Pelaksana Hariannya akan dipegang oleh Wakil Kasal TNI AL.

"Wakil Kepala Pelaksana Harian 1 Kepala Bakamla, Wakil Kepala Harian 2 Kepala Baharkam Polri, Wakil Kepala Pelaksana Harian 3 Jaksa Agung Tindak Pidana Umum, Kejasaan Agung RI," ujar Susi Pudjiastuti saat ditemui di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2015).

Kemudian, satgas tersebut membentuk Tim Gabungan yang dipimpin Komandan Sektor (On Scene Commander) di laut dan melaksanakan operasi berdasarkan data intelijen. Nantinya Tim Gabungan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Komandan Satgas.

"Untuk Sekretariat Satgas dipimpin oleh seorang kepala sekretariat, susunannya ditetapkan oleh komandan satgas," ungkap Menteri KKP itu.

Susi melanjutkan Komandan Satgas mendapatkan arahan dari atau dan di evaluasi oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham (Menko Polhukam), Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim), Panglima TNI, Kepala Polri, dan Jaksa Agung RI.

"Pelaksanaan tugas berikutnya, satgas melaporkan setiap perkembangan pelaksanaan tugas kepada Presiden RI," jelasnya.


(SAW)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

22 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA