Ritual Belum Selesai, 11 Pendaki Gunung Lawu Menolak Dievakuasi

Amaluddin    •    Rabu, 21 Oct 2015 21:08 WIB
kebakaran hutan
Ritual Belum Selesai, 11 Pendaki Gunung Lawu Menolak Dievakuasi
Pendaki melintasi kawasan hutan yang terbakar di Gunung Lawu, Ant - Siswowidodo

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) mencatat masih ada 11 orang di puncak Gunung Lawu, Cemoro Sewu, Plaosan, Kabupaten Magetan, yang menolak dievakuasi. Delapan pendaki di antaranya adalah orang yang melakukan ritual pesugihan. Sementara tiga orang lainnya adalah pedagang yang biasa berdagang di atas puncak tersebut.

"Kemarin kan ada 15 pendaki yang melakukan ritual. Tujuh di antaranya sudah kami evakuasi ke ke Posko Cemoro Kandang, Jawa Tengah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Sudharmawan, dihubungi di Surabaya, Rabu (21/10/2015).

Mereka turun ke Posko setelah tim gabungan dari BPBD Jatim dan Basarnas membujuk mereka agar mau turun setelah menjalani ritual di atas Puncak Gunung Lawu.

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD, delapan orang yang masih melakukan ritual ini didominasi dari daerah Jawa Tengah. Yakni Boyolali, Surakarta dan Solo. "Ada juga yag dari warga setempat. Mungkin ritualnya belum selesai, makanya menolak dievakuasi," katanya.

Hingga saat ini, kata Dharmawan, sebanyak 13 tim gabungan dari BPBD dan Basarnas masih berada di atas puncak gunung Lawu untuk melakukan pendekatan agar mereka mau turun. 

"Pendekatan terus dilakukan agar mereka juga mau turun bersama dengan pendaki lainnya. Untungnya, mereka berada di posisi aman. Namun, mereka tetap akan kami dekati agar mau turun ke Posko yang jauh lebih aman," tandasnya.


(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA