Menteri Susi: Kapal Asing Banyak yang Sembunyi di Papua dan Timor Leste

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 21 Oct 2015 22:38 WIB
kapal nelayan
Menteri Susi: Kapal Asing Banyak yang Sembunyi di Papua dan Timor Leste
nelayan tidak melaut MI, Abdus Syukur

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan ada beberapa kapal asing yang sembunyi di Papua Nugini dan Timor Leste. Hal ini tentunya membuat gerah pemerintah.

Menurut Susi, kapal yang bersembunyi di Papua Nugini dan Timor Leste itu adalah kapal eks Tiongkok, Thailand, dan masih ada banyak lagi. Menurutnya, kapal-kapal asing tersebut beraksi pada malam hari untuk mencuri ikan.

Dirinya menduga, kapal-kapal asing tersebut melakukan penangkapan ikan lantaran wilayah tersebut sedang memasuki musim tangkap yang bagus, khususnya di wilayah selatan Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk itu Ia meminta Angkatan Laut untuk segera mengamankan wilayah tersebut.

"Kami (Kementerian Kelautan dan Perikanan) perintahkan ke AL lakukan pengiriman KRI ke perbatasan Timor Leste dan Papua Nugini, mungkin surat (perintah) harus segera dibuat," ujar Susi Pudjiastuti saat ditemui di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2015).

Disisi lain, dirinya mengatakan bahwa beberapa pengusaha Indonesia yang selama ini menjadi agen para pelaku ilegal fishing, saat ini tengah berkamuflase. "Mereka pura-pura bikin perusaahaan baru, beli dari nelayan, padahal nanti untuk mencuci ikan curian, supaya ikan curian ini bisa ekspor keluar dari Indonesia secara resmi padahal itu curian. Di sini banyak modus operandi," keluh Susi.

Menurutnya, banyak kapal asing yang menjarah ikan di perairan Indonesia, bersembunyi di negara tetangga. Selain itu, pihaknya menemukan modus lain seperti nelayan asing yang menggunakan kapal milik Indonesia.

"Ada juga pake kapal lokal tapi isinya orang Filipina, mereka pakai kapal lokal tapi ABK asing jadi ganti-ganti, atau ada yang pakai KTP Indonesia tapi ga bisa ngomong Indonesia. Mereka menggunakan berbagai modus," jelasnya.



(SAW)