Lutfiah Sungkar Sempat Menolak Obati Penyakit Kanker

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 21 Oct 2015 23:35 WIB
lutfiah sungkar
Lutfiah Sungkar Sempat Menolak Obati Penyakit Kanker
Mark Sungkar (Foto:MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mark Sungkar sangat bersedih atas kematian kakaknya, Lutfiah Sungkar.

Berbagai kenangan bersama almarhumah masih berkecamuk dalam benak Mark.

"Lutfiah itu (secara silsilah keluarga) persis dia di atas saya. Saya yang paling dekat. Dulu ibu selalu meminta saya mengawal dan menjaga Lutfiah ke mana pun dia pergi," ungkap Mark saat ditemui di TPU Karet Bivak, Jakarta Barat, Rabu (21/10/2015).

Mark pula orang pertama yang mengetahui Lutfiah mengidap kanker sejak 15 tahun yang lalu.

"Kalau ada apa-apa yang terjadi dengannya, saya pasti yang tahu duluan. Seperti 15 tahun lalu, beliau terkena kanker. Dia bilang agar jangan kasih tahu siapa-siapa," kenang Mark.

Ayah Zaskia dan Shireen Sungkar ini kemudian menyarankan agar Lutfiah berobat. Namun, kala itu Lutfiah menolak.

"Saya selalu sarankan dia berobat. Tapi dia bilang, ini cobaan, sebagai pembersih dosa-dosanya. Dan tiga tahun terakhir, dokter memvonis penanganan kankernya sudah terlambat. Dia diharuskan operasi kanker payudara," papar mantan suami Fanny Bauty.

Usai operasi, kesehatan Lutfiah semakin menurun saat menjalani kemoterapi. Sejak tiga minggu lalu, Lutfiah terbaring di rumah sakit.

"Dia sangat luar biasa. Dia selalu membantu sesama, dan selalu menjalani wejangan dari ibu saya. Kami dari pihak keluarga, memohon maaf untuk semua, atas kesalahan beliau. Semoga amal jariyahnya diterima Allah," tutur Mark.


(ROS)