CSKA vs Manchester United

Martial Selamatkan Manchester United dari Kekalahan

Hilman Haris    •    Kamis, 22 Oct 2015 03:42 WIB
liga championsmanchester united
Martial Selamatkan Manchester United dari Kekalahan
Antonio Valencia (kanan) memberi selamat kepada Anthony Martial usai mencetak gol ke gawang CSKA (KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Manchester United harus puas meraih hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas CSKA Moskow pada matchday 3 Liga Champions 2015--2016, Kamis 22 Oktober. Gol MU pada laga ini dicetak oleh Anthony Martial pada menit ke-65. Sedangkan gol CSKA diciptakan Seydou Doumbia ketika laga baru memasuki menit ke-15.

Hasil seri yang didapat Red Devils pada laga ini sebetulnya terasa aneh. Sebab, MU mampu menguasai pertandingan hingga 60 persen dan menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol. Total, Wayne Rooney dkk melepaskan enam sepakan sepanjang pertandingan.

Akan tetapi semua keunggulan statistik itu tak berarti banyak bagi MU. Ketidakmampuan memanfaatkan sejumlah peluang serta menjaga Doumbia dengan baik akhirnya membuat MU gagal memenangkan pertandingan. 

Kiper MU, David de Gea pantas marah gawangnya kebobolan. Pasalnya, tak ada pemain Red Devils yang mengawal pergerakan Doumbia setelah penalti Eremenko berhasil ditepis. Lewat sepakan kaki kiri, bola sepakan Doumbia sukses menghujam sisi kanan gawang Red Devils pada menit ke-15.

Gol tersebut meneruskan tren buruk MU tiap kali tampil di kandang lawan. Dari 12 laga tandang terakhir di kompetisi benua biru, Red Devils sudah kebobolan 10 gol.

Manajer MU, Louis van Gaal berusaha mengubah skema permainan dengan memasukkan Marouane Fellaini dan Daley Blind pada babak kedua. Keduanya masuk menggantikan Bastian Schweinsteiger dan Marcos Rojo yang tidak memberikan kontribusi apik pada interval pertama.

Putusan Van Gaal terbukti jitu. Buktinya, MU mulai tampil trengginas pada babak kedua. Setelah berkali-kali menggempur pertahanan CSKA, gol yang ditunggu-tunggu Rooney dkk akhirnya tercipta pada menit ke-65. 

Antony Martial menjadi penyelamat Red Devils pada laga ini. Memanfaatkan umpan matang Antonio Valencia, striker yang dibeli dari AS Monaco itu sukses memasukkan bola ke dalam gawang lewat sundulan keras di dalam kotak penalti.

Van Gaal mencoba meningkatkan daya gedor Red Devils dengan memasukkan Memphis Depay pada menit ke-80 untuk menggantikan Jesse Lindard. Tapi perubahan itu tak membuahkan hasil maksimal. Gol kedua yang diincar Red Devils tidak kunjung datang hingga pertandingan berakhir.

Berikut ini susunan starting XI CSKA dan MU:

CSKA: Akinfeev, Fernandes, Ignashevich, Vasili Berezutski, Schennikov, Wernbloom, Zoran Tosic, Dzagoev, Eremenko, Musa, Doumbia.

Manchester United: De Gea; Valencia, Smalling, Jones, Rojo; Schneiderlin, Schweinsteiger; Herrera, Lingard, Rooney; Martial.


(HIL)