Sebastian Salang: Parpol Perlu Punya Etika

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 22 Oct 2015 07:55 WIB
parpol
Sebastian Salang: Parpol Perlu Punya Etika
Koordinator Formappi Sebastian Salang/MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai partai politik butuh budaya tahu diri dalam mendidik kadernya. Hal ini dikatakan Koordinator Formappi Sebastian Salang menyusul ditersangkakannya sejumlah anggota dewan baru-baru ini.

"Partai dan kader harusnya punya kesadaran yang sama untuk mundur. Jangan dipaksa baru mundur. Ini yang harus dibangun di dunia perpolitikan Indonesia," kata Salang pada program Bincang Pagi Metro TV, Kamis (22/10/2015).

Celakanya, ujar Salang, banyak parpol yang masih belum bisa mengambil langkah tegas dalam menindak kadernya yang terjerat kasus. Terlebih, Salang menilai parpol kini cenderung jadi tameng bagi kader yang tersangkut masalah.

"Selama ini parpol justru melindungi kadernya bahkan ada upaya menutupi. Bukannya mendorong mengakui kesalahan. Di sinilah etika yang perlu diikuti," terang dia.

Salang pun mencontohkan sikap partai Nasional Demokrat (NasDem) dalam menindak mantan Sekjen Partai NasDem, Patric Rio Capela usai ditetapkan tersangka oleh KPK. Salang berharap partai lain dapat mengikuti jejak NasDem dalam mendidik kadernya.

"Harapan kita partai Hanura dapat merespon Dewi Yasin Limpo juga yang baru ditangkap KPK sama dengan NasDem. Sehingga ke depan politik kita bisa memberi harapan," ucap Salang.


(OJE)