Wapres Joe Biden Putuskan Tidak Nyapres

Willy Haryono    •    Kamis, 22 Oct 2015 09:21 WIB
pemilu as
Wapres Joe Biden Putuskan Tidak <i>Nyapres</i>
Wapres Joe Biden (tengah) bersama istrinya Jill (kanan) dan Presiden Barack Obama di taman Gedung Putih, Washington, Rabu (21/10/2015). (Foto: AFP / JIM WATSON)

Metrotvnews.com, Washington: Spekulasi yang telah bergulir selama berbulan-bulan terkait pencalonan diri Joe Biden dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat akhirnya selesai. 

Sang Wakil Presiden memutuskan tidak akan maju sebagai kandidat pilpres 2016. Ia menilai kesempatan melancarkan kampanye yang sukses sudah berakhir. Juru bicara Biden mengatakan keputusan diambil pada Selasa malam. 

Dalam pidatonya, Biden melontarkan peringatan pada kandidat capres terdepan dari Partai Demokrat saat ini: Hillary Clinton. Biden mengecam komentar Clinton dalam debat pekan lalu, yang mengatakan Partai Republik adalah musuhnya. 

"Saya yakin kita harus mengakhiri politik terpecah seperti ini, yang sudah sejak lama merusak negara. Saya yakin kita bisa," ujar Biden, yang berdiri bersama istrinya, Jill, dan Presiden Barack Obama di taman Gedung Putih, seperti dikutip CNN, Rabu (21/10/2015). 

"Ini (politik terpecah) didasari semangat jahat, tidak konstruktif dan sudah berlangsung terlalu lama. Saya tidak percaya bahwa merupakan sesuatu yang naif untuk berbicara kepada Republik. Saya rasa kita tidak harus melihat Republik sebagai musuh. Mereka hanya oposisi. Mereka bukan musuh," tegas dia.

Biden menambahkan: "Demi negara ini, kita semua harus bekerja bersama."

Di penghujung pidato, Biden menegaskan keputusan ini bukan berarti keluar sepenuhnya dari dunia politik. Ia akan terus bekerja keras untuk mendukung, dan juga mengkritik juga diperlukan, terhadap pemerintahan baru nanti. 

"Meski saya bukan kandidat, saya tidak akan diam saja. Saya akan berbicara lantang, untuk menyuarakan posisi kita sebagai partai dan usaha apa yang perlu kita lakukan demi kemakmuran negara," tutur Biden.


(WIL)