Bandara Babullah Ternante Ditutup Akibat Kabut Asap

Mufti Sholih    •    Kamis, 22 Oct 2015 10:39 WIB
asap
Bandara Babullah Ternante Ditutup Akibat Kabut Asap
Jarak pandang terhalang akibat kabut asap----Ant/ FB Anggoro

Metrotvnews.com, Ternate: Bandar Udara (Bandara) Babullah Ternate, Maluku Utara, ditutup untuk penerbangan hari ini. Kabut asap menyelimuti kawasan bandara. Jarak pandang hanya 800 meter.

Kepala Bandara Babullah Ternate Rasburhany mengatakan, jarak pandang yang terbatas membuat aktivitas penerbangan tidak dimungkinkan. "Jarak pandang minimal untuk aktivitas penerbangan sekitar 5.000 meter," kata Rasburhany, seperti dilansir Antara, Kamis (22/10/2015).

Karena kabut, sejumlah penerbangan menuju Ternate dari Jakarta, Makassar, dan Surabaya dialihkan ke Bandara Sam Ratulangi Manado. Sejauh ini, pihak Bandara Babullah belum memastikan kapan bandara kembali dibuka.

"Kami masih intensif berkoordinasi dengan pihak BMKG setempat, karena kondisi kabut asap sangat berbahaya bagi aktivitas
penerbangan, terutama pesawat jenis boing," kata Rasburhany.

Rabu kemarin, Bandara Babullah juga sempat ditutup akibat kabut asap. Dua maskapai, yakni Garuda Indonesia dari Jakarta dan Makassar serta Sriwijaya Air dari Manado, ditunda penerbanganya ke Ternate hingga malam hari. Jika kondisi berlanjut hingga siang nanti, diperkirakan sebanyak 38 penerbangan dari dan ke Ternate terganggu.

Di tempat terpisah, prakirawan BMKG Kota Ternate, Muhammad Rivan menyatakan, kabut asap yang terjadi di Ternate akibat titik api yang terjadi di Papua, Pulau Obi, dan Maba Utara di Kabupaten Halmahera Timur.

 


(TII)