Beredar Video TKW asal Kendal Dianiaya di Taiwan

Iswahyudi    •    Kamis, 22 Oct 2015 10:43 WIB
tki bermasalah
Beredar Video TKW asal Kendal Dianiaya di Taiwan
Video penganiayaan TKw asal Kendal di Taiwan, istimewa

Metrotvnews.com, Kendal: Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kendal, Jawa Tengah, dianiaya majikannya saat ia bekerja di Taiwan. Penganiayaan itu terekam kamera dan beredar luas di YouTube juga media sosial.

Kepala Bidang Transmigrasi, Pelatihan, dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Kendal, Suparni, membenarkan video itu beredar di YouTube. Perempuan yang mengenakan kaos hitam berasal dari Kendal.

Perempuan tersebut bernama Siti Inayatus Sholehah. Ia warga Desa Korowelang Antar, Kecamatan Cepiring, Kendal.

"Kabar tersebut sudah kami dapat beberapa waktu lalu, dan benar korban penganiayaan dalam video tersebut adalah Siti," kata Suparni, Rabu (21/10/2015).

Dalam rekaman itu, seorang perempuan berambut putih tampak memarahi perempuan berkaos hitam. Ia memukuli wajah Siti. Ia lalu menyumpal mulut Siti dengan selembar kain. 

"Besok kami akan memanggil pihak keluarga, PJTKI dan Kades setempat untuk mediasi," jelas Supardi.

Siti berangkat ke Taiwan melalui PJTKI PT Dewi Pengayon Bangsa empat bulan lalu. Siti bekerja sebagai pembantu rumah tangga. 

Setelah mendapat laporan tentang kejadian tersebut, pihak keluarga meminta pemerintah segera memulangkan Siti. 

Setelah mendapatkan laporan dan mengkonfirmasi pihak keluarga, pihak keluarga meminta agar Siti secepatnya dipulangkan ke Indonesia. Diduga Siti dianiaya lantaran memiliki keterbatasan bahasa sehingga menyulitkan komunikasi.

"Saat ini aksi pihak majikan telah diketahui pemerintah setempat. Kami juga sedang berusaha untuk memulangkan Siti," pungkasnya.

Sementara itu, Divisi Bantuan Hukum Jaringan Kerja Relawan untuk Demokrasi, Keadilan, dan Hak Asasi Manusia (Jarkem-HAM) Kabupaten Kendal, Ahmad Misrin, siap memberikan advokasi dan bantuan hukum pada Siti.

"Agar Siti bisa mendapatkan haknya seperti asuransi dan gaji," tukasnya.


(RRN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA