Emas Dunia Masih Turun Jelang Pertemuan ECB

   •    Kamis, 22 Oct 2015 11:05 WIB
harga emas
Emas Dunia Masih Turun Jelang Pertemuan ECB
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena dolar Amerika Serikat (USD) menguat menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB).

Mengutip Antara, Kamis (22/10/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun sebanyak USD10,4 atau 0,88 persen menjadi menetap di USD1.167,10 per ounce.

Emas berada di bawah tekanan ketika indeks USD naik menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis, di mana para analis percaya Gubernur ECB Mario Draghi akan memberikan indikasi untuk kemungkinan perluasan pelonggaran kuantitatif.

Awalnya para pedagang memperkirakan bahwa hal itu akan meningkatkan euro, tetapi sekarang laporan-laporan menunjukkan keinginannya adalah untuk menjaga euro lebih rendah, sehingga melindungi eksportir dan menjaga inflasi turun.

Namun, para analis mengatakan bahwa emas bertahan dalam kisaran sempit karena ketidakpastian atas waktu kenaikan suku bunga Federal Reserve AS mempengaruhi para pedagang. Dan perdagangan tetap lesu menjelang pertemuan kebijakan The Fed pada pekan depan.

Perak untuk pengiriman Desember turun 20,7 sen atau 1,30 persen menjadi ditutup pada USD15,71 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD13 atau 1,27 persen menjadi ditutup pada USD1.007,10 per ounce.


(ABD)