Bulog Sebut Stok Beras Palu 3.000 Ton

   •    Kamis, 22 Oct 2015 12:03 WIB
berasbulog
Bulog Sebut Stok Beras Palu 3.000 Ton
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Palu: Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) mengklaim masih memiliki persediaan beras di Gudang Palu sekitar 3.000 ton. Persediaan itu dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran di tiga daerah.

"Beras sebanyak itu cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran beras rastra ke-13 dan 14," kata Kepala Gudang Beras Bulog Kaharuddin, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Kamis (22/10/2015).

Ia menjelaskan gudang beras Bulog yang terletak di Kelurahan Tondo, Kecamatan Palu Timur, khusus menampung kebutuhan penyaluran beras untuk disalurkan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) selama ini di tiga daerah. Ketiga daerah itu adalah Kabupaten Donggala, Sigi, dan Kota Palu.

Menurut dia, stok beras yang ada hingga kini meski jumlahnya terbilang menipis, tetapi masih mencukupi kebutuhan penyaluran, termasuk mendukung kegiatan operasi pasar kalau memang dibutuhkan. Juga tentu dapat digunakan jika terjadi bencana alam. Bulog tetap mengalokasikan beras untuk kebutuhan bencana alam.

"Persediaan beras yang ada di gudang Tondo Palu semuanya merupakan beras hasil pembelian dari petani lokal," ungkapnya.

Semua stok beras di gudang saat ini hasil pengadaan lokal baik yang dibeli langsung satgas Bulog maupun dari mitra (para pengusaha penggilingan) padi. Kebanyakan beras hasil produksi petani di Kabupaten Donggala dan Sigi masuk ke gudang Bulog Tondo di Palu.

"Gudang beras Tondo Palu dapat menampung sebanyak 7.000 sampai 8.000 ton beras produksi petani," pungkasnya


(ABD)