Bank Dunia Sambut Paket Kebijakan Ekonomi RI

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 22 Oct 2015 12:09 WIB
paket kebijakan ekonomi
Bank Dunia Sambut Paket Kebijakan Ekonomi RI
Bank Dunia -- FOTO: Cairo Post

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia menyambut baik langkah Pemerintah Jokowi-JK yang mengeluarkan banyaknya paket kebijakan untuk memperkuat perekonomian nasional.

Ekonom Utama Bank Dunia Ndiame Diop dalam paparannya pada perkembangan triwulan perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Quarterly -IEQ), edisi Oktober 2015 mengatakan sebetulnya pemerintah sedang melihat pasokan regulasi yang masih memungkinkan dikeluarkan untuk mengakselerasi kinerja ekonomi, terutama melalui penguatan sektor industri atau usaha.

"Langkah-langkah yang diambil pemerintah perlu disambut baik," kata Ndiame, di Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (22/10/2015).

Ndiame mengatakan beberapa paket kebijakan yang disambut baik yakni terkait penyederhanaan izin ekspor dan impor dengan memangkas persyaratan izin yang selama ini menjadi penghambat dan lamanya proses ekspor dan impor.

"Penyederhanaan izin impor ekspor itu mengarah ke hal yang lebih baik," ujar dia.

Selain itu, kebijakan terkait formulasi pengupahan juga menjadi kabar baik. Menurut Ndiame, selama ini ketidakpastian upah memang menjadi beban bagi dunia usaha. Dengan adanya kebijakan formulasi pengupahan, dunia usaha bisa meningkatkan prekdibilitas.

Penyederhanaan izin impor itu mengarah ke hal yang baik, dan upah juga. Ketidakpastian upah jadi beban besar bafi dunia usaha, ini bisa Tingkatkan prediktabilitas. Lebih jauh DIA berharap, pemerintah tidak membuat kebijakan dengan karakterisitik yang sama seperti paket-paket yang ingin dihapuskan dalam deregulasi.

"Kami akan Lihat aliran regulasi, agar  enggak memiliki karakter yang sama dengan yang mau dihilangkan. Memastikan akan sesuai sehingga membantu dunia usaha," pungkasnya.


(AHL)