Brasil Pertahankan Suku Bunga Utama di 14,25%

   •    Kamis, 22 Oct 2015 12:58 WIB
brasil
Brasil Pertahankan Suku Bunga Utama di 14,25%
Ilustrasi ekonomi Brasil. (FOTO: REUTERS/PAULO)

Metrotvnews.com, Sao Paulo: Bank Sentral Brasil mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah di level 14,25 persen. Hal ini sejalan dengan prakiraan para analis karena ekonomi terperosok ke dalam resesi yang mendalam.

Keputusan itu diperlukan untuk melawan kenaikan inflasi, kata bank setelah pertemuan dua hari komite kebijakan moneter. AFP melansir, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (22/10/2015), Brasil mengalami peningkatan pertumbuhan pengangguran dan meningkatnya kekecewaan terhadap pemerintahan Presiden Dilma Rousseff.

Bank sentral pada bulan lalu memperingatkan resesi yang lebih dalam dari perkiraan di ekonomi terbesar ketujuh dunia itu, dengan prospek suram mengirimkan kurs mata uang nasionalnya terjun ke posisi terendah baru.

Selain itu, bank memproyeksikan adanya kontraksi ekonomi Brasil sebesar 2,7 persen di tahun ini, sebuah revisi besar dari perkiraannya pada Juni yang melemah 1,1 persen.

Bank sentral juga memprediksi inflasi akan menyembur ke tingkat tahunan 9,5 persen pada akhir tahun sebelum berkurang lagi selama dua tahun ke depan. Pada kedua angka itu, proyeksi bank sentral lebih buruk daripada pemerintah untuk perkiraan PDB dan inflasi.


(AHL)