Garuda Operasikan Pesawat Berbadan Lebar

   •    Kamis, 22 Oct 2015 14:53 WIB
garuda indonesia
Garuda Operasikan Pesawat Berbadan Lebar
Pesawat Garuda (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Maskapai Garuda Indonesia akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar untuk menyiasati kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan menurunkan frekuensi penerbangan dari 72 menjadi 60 penerbangan per jam di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Untuk itu, Garuda merencanakan akan menambah penerbangan domestik dengan pesawat berbadan lebar," kata Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Arif mengatakan pesawat berbadan besar akan dioperasikan dari dan ke bandara-bandara besar, seperti Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan dan Denpasar. Terkait jumlah penambahan pesawat berbadan besar yang dioperasikan, Arif mengatakan masih mengkajinya.

Sejauh ini, Arif mengaku setuju dengan wacana kebijakan tersebut karena untuk menyesuaikan kapasitas yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kita lihat detilnya, kita akan sinkronisasi pengaturan kapabilitas, kalau peningkatan kapasitas tinggal disesuaikan saja, kalau naik ya tinggal dinaikkan, kalau belum memang harus ada pengaturan seperti itu," jelasnya.

Menggapi pemerataan jadwal terbang hingga malam, menurut Arif, pihaknya tengah menghitung kemungkinan-kemungkinan perubahan pendapatan karena aka nmenarik jadwal-jadwal di jam sibuk (golden time).

"Akan kita adjust sesuaikan jam operasi kita, yang penting semangat kita sudah sama operator dan regulator ini untuk perekonomian dan keselamatan penerbangan," pungkasnya.


(ABD)