BCA Majukan Desa Wisata via Pembinaan UMKM

   •    Kamis, 22 Oct 2015 14:59 WIB
berita bca
BCA Majukan Desa Wisata via Pembinaan UMKM
Ilustrasi BCA (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Semarang: PT Bank Central Asia (BCA) Tbk memajukan desa wisata di sejumlah daerah di Indonesia melalui pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). BCA akan terus membina UMKM karena dampaknya terhadap akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pembinaan UMKM kami lakukan melalui lembaga pengembangan bisnis BCA yang bekerja sama dengan pihak lain di antaranya Pertamina dan Astra," kata Sekretaris BCA Inge Setiawati, seperti dikutip dari Antara, di Semarang, Kamis (22/10/2015).

Menurut dia, di dalam desa wisata sudah ada usaha-usaha kecil yang berasal dari penduduk setempat, di antaranya pembuatan batik dan pengolahan makanan. "Itu kita bina agar para pelaku UMKM dapat mengemas produk menjadi lebih menarik sehingga bisa melakukan penjualan dengan lancar. Selain itu juga menjual service seperti apa," jelasnya.

Menurut dia, pengembangan UMKM sudah dilakukan di beberapa daerah di antaranya Sidoarjo, Palembang, Pontianak, dan Yogyakarta. Beberapa pelatihan yang diberikan dalam bentuk pengetahuan pengelolaan keuangan, akuntansi sederhana, dan pemasaran yang baik.

Pihaknya memfokuskan pelatihan tersebut kepada sumber daya manusia yang terlibat pada aktivitas UMKM. "Kami juga memberikan pengetahuan yang lebih luas dalam memasarkan produknya. Dalam hal ini BCA juga mengajarkan cara mengoperasionalkan website pada jaringan internet," pungkasnya. 


(ABD)