Pencarian Korban Kebakaran Gunung Lawu Dihentikan

Sebelas Pendaki Ngotot tak Mau Dievakuasi

iwan yudhi atmoko    •    Kamis, 22 Oct 2015 16:57 WIB
kebakaran hutan
Sebelas Pendaki <i>Ngotot</i> tak Mau Dievakuasi
Gunung Lawu terbakar, Ant - Siswowidodo

Metrotvnews.com, Magetan: Operasi pencarian korban kebakaran Gunung Lawu di Magetan, Jawa Timur, ditutup pada Kamis 22 Oktober. Namun masih ada 11 orang yang berada di puncak gunung dan enggan turun lantaran masih melakukan ritual memperingati bulan Asyura.

Komandan Operasi Lapangan Supriono membenarkan keberadaan ke-11 orang tersebut di puncak gunung. Mereka kini mendapat pantauan khusus dari Basarnas dan Polres Magetan.

"Mereka tak mau dievakuasi karena masih menjalani prosesi ritual," kata Supriono.

Delapan orang, katanya, merupakan pelaku ritual. Sementara tiga lainnya merupakan warga setempat yang menjual makanan dan minuman di warung yang berlokasi di puncak gunung.

Sementara itu, petugas menutup pintu masuk pendakian jalur ke puncak Gunung Lawu. Yaitu pintu jalur Cemorosewu di wilayah Magetan dan Cemorokandang di area Karanganyar, Jawa Tengah.

Hingga berita ini dimuat, petugas gabungan masih berusaha mematikan api yang berkobar di hutan Gunung Lawu. 

Kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu terjadi pada Minggu, 18 Oktober, di jalur pendakian antara pos 3 dan 4. Akibatnya, puluhan pendaki yang hendak turun terjebak kobaran api dengan ketinggian lima meter. Mereka panik dan berusaha menyelamatkan diri. 


(RRN)