Karies, Penyakit Gigi yang Sering Dialami Anak-Anak

Torie Natalova    •    Kamis, 22 Oct 2015 17:27 WIB
kesehatankesehatan anak
Karies, Penyakit Gigi yang Sering Dialami Anak-Anak
Menggosok gigi yang benar bisa mencegah penyakit gigi. (Foto:Mashable.com)

Metrotvnews.com, Surabaya: Selama lima tahun penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) berhasil mengedukasi 155.451 masyarakat di wilayah Indonesia. Tahun ini, BKGN kembali digelar untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat untuk mendapatkan perawatan serta mengedukasi mereka akan cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang benar.

Mulai 22 hingga 24 Oktober, BKGN yang bekerjasama dengan Pepsodent diselenggarakan kembali di FKG Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya. Ini adalah tempat kedua penyelenggaraan BKGN di Surabaya setelah FKG Universitas Airlangga.

Permasalahan kesehatan gigi yang paling tinggi dari sejumlah pasien yang datang ke FKG UHT pada Januari 2014-2015 adalah peradangan atau infeksi pada gusi yang tidak dirawat, umumnya akibat penumpukan plak dari bakteri dan sisa makanan. Sementara itu, karies adalah masalah utama yang sering dialami anak-anak.

Sebenarnya, masalah ini bisa dicegah dengan cara perilaku menyikat gigi yang benar yakni di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur, serta melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Menyadari pentingnya masalah tersebut, sejak tahun lalu FKG UHT dan BKGN fokus dengan pelayanan terhadap anak-anak karena edukasi harus dilakukan sejak dini.

"Hal ini dapat dilihat pada banyaknya lomba di acara penyelenggaraan BKGN yang diadakan untuk anak-anak, mulai dari lomba dokter cilik, mewarnai, menggambar, juga keterlibatan anak-anak pada acara panggung untuk mempertunjukkan talentanya. Kami memiliki harapan, melalui penyelenggaraan BKGN di FKG UHT, anak-anak di Surabaya mendapatkan edukasi dengan cara yang menyenangkan dan melanjutkannya sebagai kebiasaan yang baik,” kata Dekan FKG UHT Dr. Dian Mulawarmanti, drg dalam siaran pers yang diterima metrotvnews.com, Kamis (22/10/2015).

Sebanyak 215 tenaga kesehatan gigi akan memberikan pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi sekitar 1.200 orang selama BKGN berlangsung di UHT. Untuk menarik minat para pengunjung, serta mengelola peran serta dan interaksi para dosen, mahasiswa dan mahasiswi serta staf UHT kepada masyarakat, maka pada BKGN tahun ini UHT juga mengadakan bazaar.


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA