10 Pelari Nasional Pastikan Ikut Jakarta Marathon 2015

   •    Kamis, 22 Oct 2015 17:23 WIB
marathon
10 Pelari Nasional Pastikan Ikut Jakarta Marathon 2015
Foto istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepuluh atlet lari nasional mengkonfirmasi keikutsertaannya dalam lomba lari Jakarta Marathon 2015 yang diselenggarakan pada Minggu 25 Oktober mendatang, dengan titik mulai dan finis di Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

"Sepuluh pelari elite nasional dijadwalkan akan turut meramaikan lomba menjadi pelari tercepat melawan para pelari elite dunia seperti Weldon Kirui dari Kenya dan Andrea Sambu Sipe dari Tanzania," kata Presiden Direktur Inspiro Ndang Mawardi, selaku penyelenggara Jakarta Marathon 2015, di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Jakarta Marathon 2015 akan diiukti 15 ribu orang pelari, yang jumlahnya melampaui peserta pada 2014 lalu sebanyak 14.120 orang. Sepuluh pelari nasional yang telah konfirmasi keikutsertaan yaitu Agus Prayogo, Atjong Tio Purwanto, Ishari, Nikolas Albinus Sila, Sukarno, Triyaningsih, Feri Marince Subnafeu, Nyai Agita, Yulianingsih, dan Novita Andrayani.

Ndang mengatakan, penyelenggara juga menargetkan 10 pelari elite internasional ikut. Tapi, hanya enam pelari terkonfirmasi untuk turut berlari sejauh 42,195 km di Jakarta.

"Kami juga menyediakan 15 panggung budaya untuk mempromosikan daerah-daerah di Indonesia sekaligus memberikan dukungan bagi para pelari. Panggung budaya itu sekaligus menjadi keunikan Jakarta Marathon dibanding lomba maraton di kota-kota besar internasional," ucap Ndang.

Panitia Jakarta Marathon 2015, lanjut Ndang, juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk mengamankan jalannya perlombaan lari sejak Minggu dini hari hingga pukul 12.00 WIB.

"Kami bekerja sama dengan TNI, Kepolisian RI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menempatkan 2.600 polisi, 700 tentara, 800 satuan polisi pamong praja, dan 700 petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengamankan rute-rute lari," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Perlombaan Jakarta Marathon 2015 Jacqueline Losung mengatakan, sosialisasi penutupan jalan-jalan di Jakarta yang menjadi rute perlombaan telah dilakukan melalui media jejaring sosial di internet seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

"Sterilisasi rute-rute Jakarta Marathon akan dimulai pada Minggu pukul 00.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Tapi, sejumlah jalan yang menjadi rute perlombaan di sisi utara Monas akan mulai dibuka kembali mulai pukul 09.30 WIB," paparnya.

Jacqueline menambahkan Jakarta Marathon 2015 mengangkat tema "safety and quality" sebagai upaya penyelenggara menciptakan lomba lari berkualitas yang aman dan nyaman.

"Kami sengaja menghindari rute jalan sekitar Pancoran karena keramaian kendaraan yang melalui jalan itu. Serta, jalan Sudirman karena masih terdapat pembangunan MRT Jakarta," imbuhnya.

Jakarta Marathon 2015 akan melombakan lima kategori nomor lari yaitu maraton dengan rute sejauh 42,195 km, half marathon sejauh 21 km, 10K sejauh 10 km, 5K sejauh lima kilometer, dan Maratoonz yang merupakan lomba lari sprint untuk anak-anak.(Ant)


(RIZ)