NasDem Dukung Pemberatan Hukuman untuk Paedofil Masuk dalam KUHP

Al Abrar    •    Kamis, 22 Oct 2015 17:52 WIB
kekerasan anak
NasDem Dukung Pemberatan Hukuman untuk Paedofil Masuk dalam KUHP
Sekretaris Fraksi Partai NasDem Syarif Abdullah Alkadri----MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi Partai NasDem di DPR mendukung hukuman bagi pelaku paedofil atau kekerasan seksual terhadap anak diperberat. NasDem menghendaki, pemberatan hukuman, seperti dikebiri, dimasukkan dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Menurut Sekretaris Fraksi Partai NasDem Syarif Abdullah Alkadri, undang-undang kejahatan seksual pada anak yang diatur dalam UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak hukumannya sangat ringan. Hukuman berkisar minimal tiga tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

"Sekarang ini kan KUHP juga sedang direvisi. Mudah-mudahan bisa dimasukkan ke dalam KUHP dan di sana ditingkatkan untuk penambahan hukuman," kata Syarif di Komplek Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Syarif menjelaskan, dukungan diberikan karena jumlah korban paedofil semakin meningkat. "Kita melihat semakin tahun semakin naik kejahatan seksual. Bayangkan dari 2010 sampai 2014 sampai 22 juta. Dari 22 juta itu 42 persen kekerasan kepada anak," kata Syarif.

Syarif menilai, penambahan hukuman kebiri merupakan langkah tepat untuk memberantas kejahatan seksual kepada anak. "Kalau saya sependapat dengan extraordinary crime, ini sudah sangat membahayakan. Jadi memang perlu kita lakukan terbosan-terobosan hukum," kata Syarif.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA