Perlambatan Ekonomi Tiongkok Masih Bayangi Ekonomi Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 22 Oct 2015 19:00 WIB
ekonomi indonesia
Perlambatan Ekonomi Tiongkok Masih Bayangi Ekonomi Indonesia
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menilai, perlambatan ekonomi Tiongkok masih akan terus membayangi kinerja perekonomian Indonesia di masa-masa mendatang. Untuk itu, pemerintah terus mewaspadai gejolak-gejolak yang mungkin terjadi akibat perlambatan ekonomi Tiongkok tersebut.

Selama ini, Tiongkok selalu menjadi basis pertumbuhan ekonomi di negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Ketika ekonomi Tiongkok melemah maka dampaknya bagi Indonesia adalah melambatnya kinerja ekspor, utamanya ekspor produk komoditas. Sayangnya, Indonesia tidak mengekspor konsumsi mengingat penopang ekonomi Tiongkok adalah konsumsi.  

"Kita kalah dengan Vietnam, Malaysia, dan Thailand yang sudah mengekspor barang konsumsi ke sana (Tiongkok)," jelas Bambang, di Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (22/10/2015).

Menurut Bambang, Indonesia perlu sekarang juga mengubah kebijakan produk yang diekspor yakni dari komoditas yang mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi barang manufaktur atau olahan. Hal ini penting dilakukan agar kinerja ekspor Indonesia kembali mengalami penguatan.

Selain itu, lanjut Bambang, untuk mengimbangi perlambatan ekonomi Tiongkok maka Indonesia harus menggenjot kinerja investasi asing yang berasal dari Tiongkok. Ini perlu dilakukan mengingat realisasi investasi tersebut masih sangat minim bila dibandingkan dengan negara lain. 

"Dari komitmen yang terealisasi Tiongkok hanya 10 persen, sementara Jepang sudah 70 persen dan AS sudah 30 persen. Kami harapkan rasio ini akan meningkat," pungkasnya.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA