Laba BRI Hanya Tumbuh 1,4%

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 22 Oct 2015 19:04 WIB
bri
Laba BRI Hanya Tumbuh 1,4%
Suasana konferensi pers paparan kinerja BRI kuartal III-2015 (Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) membukukan laba bersih sebesar Rp18,3 triliun atau mengalami pertumbuhan sangat tipis yakni sebanyak 1,4 persen di kuartal III-2015 bila dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp18 triliun. 

"Meski kondisi ekonomi yang terjadi saat ini tengah tidak menentu, tapi BRI tetap memperlihatkan kinerja yang cukup positif. Pertumbuhan laba kita hanya single digit," kata Wakil Direktur Utama BRI Sunarso, ketika ditemui di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Sunarso menjelaskan, dalam rangka menjaga profitabilitas, BRI berupaya menekan tingkat Cost of Fund (COF) dengan memperbaiki struktur pendanaan. Dalam hal ini, BRI berupaya memperbesar porsi dana murah di mana kontribusi dana murah mencapai 56,2 persen dan mengalami pertumbuhan sebesar 18,3 persen (year-on-year/yoy) atau menjadi Rp343,3 triliun.

Sementara porsi dana mahal dari total DPK tercatat sebesar 43,8 persen dan tercatat hanya mengalami pertumbuhan sebesar 5,5 persen (yoy) menjadi Rp268 triliun. ‎"Dengan komposisi yang seperti itu, BRI berhasil menurunkan COF-nya dari yang sebelumnya 4,3 persen di kuartal III-2014 menjadi 4,2 persen di kuartal III-2015," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sunarso optimistis BRI mampu terus tumbuh karena memiliki modal yang kuat dan didukung oleh Paket Kebijakan Ekonomi yang sudah dikeluarkan pemerintah karena mendorong pemulihan ekonomi secara signifikan. "Kami optimistis pertumbuhan ke depannya akan jauh lebih baik dari posisi saat ini," ‎tutup Sunarso.


(ABD)