100 Bakal Kader Bela Negara Terbengkalai

Patricia Vicka    •    Kamis, 22 Oct 2015 21:10 WIB
bela negara
100 Bakal Kader Bela Negara Terbengkalai
Sejumlah wartawan mengikuti latihan bela negara di Jawa Tengah. Foto: Antara/Anis

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sekitar seratus warga Yogyakarta gagal mengikuti pelatihan bela negara di lapangan Rindam, Kodam IV Diponegoro, Jawa Tengah. Pelatihan yang seharusnya dilaksanakan Rabu, 21 Oktober, tiba-tiba diundur tanpa ada alasan yang jelas. Ini adalah kali kedua pelatihan bela negara urung terlaksana.

Akibatnya, Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglimas) jadi kena omel warga Yogyakarta yang kesal karena kegagalan ini.

"Sudah dua kali pelatihan mundur. Pihak kabupaten marah-marah ke kami. Karena dikira itu salah Kesbang. Padahal kami sudah sesuai permintaan dari Pangdam IV Diponegoro, Jawa Tengah," kata Kepala Kesbanglinmas DIY Agung Supriyono melalui sambungan telepon, di Yogyakarta, Kamis (22/10/2015).

Pihaknya mengatakan tak tahu alasan panitia menunda pelatihan bela negara. "Alasan (penundaan) pertama dikatakan belum siap. Alasan kedua tidak dijelaskan dalam surat, hanya dibilang mundur karena alasan tertentu. Kami juga tidak tahu sampai kapan pemundurannya," jelas Agung.

Karena adanya dua kali pemunduran, pihaknya merasa kecewa. "Kami sudah sangat siap mengirim 100 warga ke sana. Warga juga merespon dengan positif pelatihan bela negara ini. Seluruh kabupaten mengirimkan perwakilannya. Yang paling banyak dari Kota Yogyakarta," tuturnya.

Sebelumnya, ratusan warga yang berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah kecewa karena adanya penundaan pelatihan bela negara.

Sujatmiko, warga Bantul, mengaku kecewa karena sudah mempersiapkan fisik dan mental mengikuti pelatihan bela negara. "Saya baru tahu ditunda saat sedang registrasi di Lapangan Depo Pendidikan (Dodik) Rindam IV Diponegoro Magelang," katanya.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA