Penyelundupan Satwa Lindung Sudah Berlangsung 3 Tahun

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 22 Oct 2015 22:03 WIB
satwa langka
Penyelundupan Satwa Lindung Sudah Berlangsung 3 Tahun
Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar saat merilis tangkapan bisnis satwa lindung di Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (22/10/2015). Foto: Metrotvnews.com/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Aktivitas penyelundupan satwa lindung yang digerebek Mabes Polri dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur, diketahui didatangkan dari luar Jawa. Pelaku Abdulrahman Assegaf, 61, mendatangkan satwa seperti sisik penyu, daging penyu, kuda nil dan tanduk rusa dari Ambon dan Papua.
 
“Barang tersebut didatangkan dari Ambon dan Papua. Barang tersebut dikirim melalui jalur laut,” kata Kepala Unit V Subdit I Direktorat Tindak Pidana tertentu (Dittipidter) Bareskrim Mabes Polri, AKBP Soegeng Irianto, di Surabaya, saat gelar perkara Kamis (22/10/2015).
 
Soegeng menjelaskan, barang tersebut dikirim dengan cara sembunyi-sembunyi. Baik pengirim maupun penerima identitasnya disamarkan. Kegiatan itu telah berlangsung sekitar tiga tahun di Surabaya. “Pelaku sudah mengantisipasinya, semua identitas dikaburkan untuk menghindari penangkapan oleh petugas polisi,” ujarnya.
 
Sogeng menegaskan, kasus ini akan dikembangkan dan kemungkinan besar akan menetapkan tersangka baru. Sugeng menegaskan, siapa pun yang terlibat dalam kasus ini, akan dihukum.
 
“Baik pemburu, penjual, pengepul, maupun pembeli, semuanya terlibat. Perkaranya akan kami kembangkan dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru,” ujarnya.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA