Jutaan Hektar Lahan Hancur Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 22 Oct 2015 23:37 WIB
kabut asap
Jutaan Hektar Lahan Hancur Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan
Petugas pemadam kebakaran dibantu personil TNI dan Polri berusaha memadamkan lahan gambut yang terbakar di Rimbo Panjang, Kampar, Riau. Dok.MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi di wilayah Sumatra dan Kalimantan memberikan dampak materil dan non materil yang cukup besar. Karlahut menimbulkan dampak yang besar dari segi lingkungan, pendidikan, politik, ekonomi, kesehatan, hubungan antar negara dan citra Indonesia di mata dunia.

"Akibat dari Karlahut telah merusak jutaan hektar lahan dan hutan yang berdampak terhadap kerugian materil dan imateril yang sangat besar," Sekjen Kementerian LHK, Bambang Hendroyono, dalam keterangan rilis yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (22/10/2015).

Atas kejadian tersebut, kata Bambang, akan menjadi perhatian serius oleh berbagai pihak. Pemerintah juga telah berupaya menanggulangi kebakaran lahan dan hutan di Indonesia.

"Kerja penanggulangan Karlahut ini dilakukan oleh Brigade Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api, instansi pemerintah dan perusahaan yang didukung dengan data, teknologi dan peralatan yang canggih," imbuh dia.
 
Selain itu, Kementerian LHK juga telah membentuk Posko Krisis Bencana Karlahut Kementerian LHK untuk menjadi tempat rujukan, pengaduan serta berfungsi sebagai sumber informasi.


(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA