Pulang dari Jepang, Rombongan Santri RI: Arigatou!

Willy Haryono    •    Jumat, 23 Oct 2015 01:03 WIB
indonesia-jepang
Pulang dari Jepang, Rombongan Santri RI: <i>Arigatou</i>!
Kedubes Jepang menyerahkan piagam program kunjungan santri Indonesia ke Negeri Sakura kepada perwakilan rombongan santri di Hotel Pan Pacific, Jakarta, Kamis (22/10/2015). (Foto: MTVN / Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rombongan santri Indonesia kembali ke Tanah Air setelah mempelajari beragam hal di Jepang selama sepuluh hari. Kunjungan ini merupakan program kerja sama Indonesia dengan Jepang yang sudah terlaksana hingga 12 gelombang. 

Bertempat di Hotel Pan Pasific, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015), Kedutaan Besar Jepang menggelar acara penyambutan rombongan santri Indonesia.

"Ada hikmah yang dapat diambil dari acara ini. Peserta dapat mempelajari budaya Jepang. Sebaliknya masyarakat Jepang dapat mempelajari masyarakat Islam dari Indonesia," ujar diplomat bidang politik dari Kedubes Jepang, Susumu Takonai. 

Dalam gelombang terbaru pada 12 Oktober, rombongan santri telah mengunjungi Tokyo, Hiroshima, Osaka, Nara dan Kobe. Di sana, rombongan santri mengunjungi sejumlah sekolah, mulai dari SD hingga SMA, dan juga Universitas KANDA yang memiliki program studi Bahasa Indonesia.

Selain kunjungan edukasi dan sejarah, seperti ke monumen Hiroshima dan beberapa kuil ternama, para santri juga diberi kesempatan untuk homestay atau tinggal bersama keluarga Jepang untuk lebih mengenal budaya Negeri Sakura.

"Banyak cerita lucu yang terjadi saat homestay, dari kebiasaan mandi malam orang Jepang sampai rasa hormat dan disiplin yang mereka junjung tinggi," ujar Din Wahid, ketua rombongan kunjungan ke Jepang.

"Satu kalimat yang kami hapal sepulang dari sana, 'arigatou' atau terima kasih," lanjutnya, yang diikuti tawa dari para hadirin.

Momen kepulangan rombongan santri bertepatan dengan Hari Santri, yang baru saja dideklarasikan Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal. (Nabila Gita)


(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA