Tim Sudah Dibentuk, Kejagung Siap Eksekusi Aset Yayasan Supersemar

Meilikhah    •    Jumat, 23 Oct 2015 14:17 WIB
kejaksaan agung
 Tim Sudah Dibentuk, Kejagung Siap Eksekusi Aset Yayasan Supersemar
Kejaksaan Agung. Foto: M Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Aset Yayasan Supersemar segera dieksekusi Kejaksaan Agung. Tim eksekutor sudah dibentuk. Tim juga sudah menerima surat kuasa khusus dari Presiden Joko Widodo.   

"(Tim) Sudah dibentuk, artinya substitusi dari jaksa sudah turun ke Jam Datun. Sudah dibentuk timnya, saya di antaranya," ujar Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jam Datun) Kejaksaan Agung, Noor Rachmad, di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).

Noor menjelaskan, tugas yang diemban tim berkaitan dengan percepatan proses eksekusi. Namun, tim harus menunggu seluruh anggota menandatangani persetujuan penugasan sebelum benar-benar menjalankan tugas. "Semua yang terlibat di tim itu tandatangan, baru kita action," jelas Noor.

Saat dikonfirmasi berapa jumlah anggota tim, Noor mengaku tak ingat. Dia menambahkan, tak ada target kerja dalam pemburuan aset tersebut. Yang penting proses permohonan eksekusi berjalan dan bisa menyita aset milik negara.

"Kalau target-targetan sih enggak, yang jelas kita menyukseskan pelaksanaan eksekusi PK tersebut," jelas Noor.

Kasus ini berawal dari gugatan pemerintah terhadap dugaan penyelewengan dana beasiswa di Yayasan Supersemar. Dana yang seharusnya digunakan untuk beasiswa malah mengalir ke beberapa perusahaan.  

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis bersalah Yayasan Supersemar pada 28 Maret 2008. Vonis itu dikuatkan di tingkat Pengadilan Tinggi pada 19 Februari 2009.

Yayasan Supersemar kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Namun kalah. Kejagung juga mengajukan peninjauan kembali pada September 2013. Di sisi lain Yayasan Supersemar juga mengajukan PK. Namun MA mengabulkan PK Kejaksaan Agung dan menolak PK Yayasan Supersemar. Dalam putusan PK itu, yayasan harus membayar denda Rp4,4 triliun. 


(KRI)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

12 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA