Ahok: Kesadaran Orang Tua Vaksinasi Anak Rendah

Intan fauzi    •    Jumat, 23 Oct 2015 16:12 WIB
pemprov dki
Ahok: Kesadaran Orang Tua Vaksinasi Anak Rendah
ilustrasi imunisasi (Foto: Antara/Iggoy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesadaran orang tua memberikan vaksinasi kepada anaknya dinilai masih rendah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak akan menerima anak yang tidak dilengkapi surat riwayat imunisasi masuk Sekolah Dasar (SD) Negeri.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, mulai tahun ini sudah diberlakukan surat vaksin menjadi salah satu syarat masuk SD Negeri.
 
"Banyak orang tua yang belum rutin imunisasi anaknya, payah. Makanya kami mau paksa mereka (rang tua)," kata Ahok usai acara Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Muslimat Nahdlatul Ulama di Balai Agung, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2015).
 
Ahok menjelaskan, Pemprov DKI akan bertindak tegas jika masih ada warga yang lalai dengan syarat itu. Anak mereka akan ditolak saat didaftarkan masuk sekolah.
 
"Kalau kamu enggak kasih surat vaksin anakmu, kamu enggak bisa sekolahkan. Aturan itu sudah diberlakukan tahun ini. Kadang orang lupa, akte (kelahiran) saja bisa lupa," ujarnya.
 
Ahok mengungkapkan, apabila anak-anak tidak divaksin, saat usia produktif mereka tidak bisa mengulang lagi. Dengan demikian yang dilakukan hanya bisa pencegahan dan pengobatan.
 
"Saya mending keluar Rp4 triliun biar orang tidak sakit. Kalau ada salah satu anggota keluarga yang sakit itu jadi tidak produktif," katanya.


(FZN)