Kredit Bank Mantap Naik 43%

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 23 Oct 2015 18:59 WIB
bank mantap
Kredit Bank Mantap Naik 43%
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) mencatat telah menyalurkan kredit sebesar Rp1,24 triliun sampai dengan kuartal III-2015. Jumlah penyaluran kredit itu meningkat 43 persen bila dibanding periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp872 miliar.

Direktur Utama Bank Mantap Nixon LP Napitupulu mengatakan, meski situasi dan kondisi ekonomi Indonesia masih melemah dan ada dampak terhadap aktivitas bisnis, namun kualitas penyaluran kredit Bank Mantap masih tetap terjaga. 

"Itu tercermin pada rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) gross yang hanya 1,4 persen, atau mengalami penurunan diban‎ding periode yang sebelumnya sebesar 1,7 persen," kata Nixon, di Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Ia menambahkan produktivitas dari kinerja kredit masih pada performa yang baik. Hal ini terlihat dari sampai September 2015 booking kredit meningkat secara signifikan hingga mencapai Rp150 miliar, atau tumbuh 100 persen bila dibanding raihan Rp71 miliar per kuartal III-2014.

"Untuk booking kredit mikro Rp52 miliar, booking kredit retail Rp83,8 miliar, dan booking kredit pensiunan telah mencapai Rp14 miliar," pungkas dia.

Sampai dengan sekarang ini, Bank Mantap tetap fokus ke penyaluran kredit ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Secara bertahap, Bank Mantap akan menyeimbangkan portofolio kredit kepada pensiunan dengan porsi 50 persen UMKM dan 50 persen ke pensiunan. 

Bank Mantap akan lebih agresif menggarap pasar pensiunan yang potensinya sangat besar. Apalagi, Bank Mantap telah menjalin kerja sama dengan PT Taspen (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero). 


(ABD)