Menlu RI dan Menlu Australia Pastikan Kunjungan PM Turnbull ke Indonesia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 23 Oct 2015 19:13 WIB
indonesia-australia
Menlu RI dan Menlu Australia Pastikan Kunjungan PM Turnbull ke Indonesia
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Australia Julie Bishop (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Padang: Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull direncanakan akan berkunjung ke Indonesia. Hal ini disambut baik oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Rencana kunjungan itu diutarakan oleh Menlu Retno saat memberikan keterangan di sela-sela pertemuan Indian Ocean Rim Association (IORA) di Padang, Jumat (23/10/2015). Menlu menyebutkan rencana tersebut bersama Menlu Australia Julie Bishop.

"Kunjungan PM Turnbull merupakan kunjungan pertama ke Indonesia dalam kapasitasnya sebagai Perdana Menteri Australia. Sebelumnya, Presiden RI melakukan pembicaraan per telepon dengan PM Turnbull untuk menyelamatkan terpilihnya sebagai perdana Menteri," ujar Menlu Retno, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (23/10/2015).

Meskipun sudah ada rencana mengenai kunjungan Turnbull, namun belum diketahui waktu kedatangannya ke Indonesia.

Menlu Retno juga menyampaikan apresisasi terhadap bantuan Australia untuk mengatasi kebakaran hutan di Sumatera. Australia mengirimkan satu pesawat Air Commander dan satu pesawat Hercules Lock Heed L-382 G dengan kapasitas 15 ton liter air dan peralatan pemadam api dan personel.

"Kami sangat mengapresiasi bantuan Australia tersebut," tutur mantan Dubes RI untuk Norwegia itu.

Kedua Menlu juga membahas mengenai penguatan kerja sama bilateral.  Di antaranya mengenai perkembangan pembukaan Konsulat Australia di Makasar dan rencana kunjungan misi dagang Australia ke Indonesia.

Indonesia dan Australia terus membina hubungan kerja sama baik dalam berbagai bidang. Total perdagangan kedua negara pada 2014 mencapai USD 10,68 miliar dengan ekspor Indonesia sebesar USD 5,03 miliar.

Australia juga merupakan negara asal wisatawan terbesar ketiga bagi Indonesia dengan jumlah 1,09 juta wisatawan pada 2014. Saat ini terdapat 17.975 pelajar Indonesia di Australia.
 


(FJR)