Menpar Arief Yahya Siap Bangun Digital Environment di Kota Solo

Pythag Kurniati    •    Jumat, 23 Oct 2015 23:18 WIB
pariwisata
Menpar Arief Yahya Siap Bangun Digital Environment di Kota Solo
Menteri Pariwisata Arief Yahya/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pariwista Arief Yahya menargetkan 100 ribu wisatawan mancanegara mengunjungi Kota Solo hingga tahun 2019. Melihat potensi Kota Solo dengan 56 kelender event dalam satu tahun, Menpar optimis target tersebut bakal dilampaui. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengoptimalkan peran teknologi.

“Dengan melakukan digitalisasi maka ide, kreativitas dan budaya apa yang ada di Solo harus diketahui dunia,” ungkapnya usai membuka Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) di Solo, Jawa Tengah, Kamis (22/10/2015) malam. Arief mencontohkan, produk-produk kreatif dapat dijual melalui e-commerce, begitu pula acara-acara budaya di Kota Solo yang dapat disebarluaskan dengan peran teknologi.

Pentingnya memainkan peran teknologi, diyakininya dapat mendorong ekonomi kreatif yang berbasis budaya di Indonesia. “Istilahnya more digital, more global. Semakin digital maka jangkauannya akan semakin global,” kata Arief. Yang tak kalah penting selain mengoptimalkan peran teknologi adalah mematenkan karya kreativitas para seniman.

Dengan menetapkan target 100 ribu wisatawan mancanegara mengunjungi Kota Budaya, Arief mengatakan akan menghasilkan pendapatan sekitar Rp 1,4 triliun. “Misalnya satu orang wisatawan mancanegara rata-rata menghabiskan 100 dolar Amerika. Maka sekitar Rp 1,4 triliun akan masuk,” pungkas dia.
 


(TTD)