Sakit, Pemeriksaan Cak Imin Diundur

Renatha Swasty    •    Jumat, 23 Oct 2015 23:41 WIB
kasus korupsi
Sakit, Pemeriksaan Cak Imin Diundur
Ketua umum Partai Kebangkita Bangsa Muhaimin Iskandar. Foto: Antara/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tak menghadiri pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi. Pria yang kerap disapa Cak Imin itu mengaku sakit.

"Tadi diperoleh informasi pak Muhaimin sakit dan diminta ulang jadwalnya," ujar Plt. Pimpinan KPK Joham Budi SP saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).

Johan mengatakan pemeriksaan Cak Imin akan dilakukan pekan depan. Cak Imin akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Jenderal Pembinaan dan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Jamaluddien Malik.

"Kalau tidak salah tanggal 28 Oktober hari Rabu," ujar Johan.

Diketahui, Cak Imin dipanggil penyidik sebagai kapasitasnya yang pada saat dugaan korupsi terjadi menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Diduga, ia mengetahui dugaan korupsi yang menyeret anak buahnya itu.

Dalam kasus ini, Mantan Direktur Jenderal P2KT Jamaluddien Malik ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 12 Februari. Dia disangka memperkaya diri sendiri dan orang lain dengan melakukan pemerasan terkait kegiatan dana tugas Kemenakertrans tahun anggaran 2013-2014.

Jamaluddien kini mendekam di Rumah Tahanan Guntur. Penyidik menjeratnya dengan Pasal 12 huruf e, huruf f, Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 421 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(DRI)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

25 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA