Diperiksa 3 Jam, Surya Paloh Ditanyai Pertemuan Patrice dan Gatot

Renatha Swasty    •    Sabtu, 24 Oct 2015 00:03 WIB
surya paloh
Diperiksa 3 Jam, Surya Paloh Ditanyai Pertemuan Patrice dan Gatot
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MTVN/Renatha Swasty.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh diperiksa selama tiga jam oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Surya mengaku dicecar pertanyaan soal pertemuan antara mantan anggota DPR Patrice Rio Capella dan Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

"Materi pertanyaan memang seputar Pak Gatot dan Bung Patrice Rio Capella, khususnya pertemuan di DPP Partai NasDem ya, nah ini digali sedemikian rupa dengan sedetail-detailnya dan dijawab juga dengan apa yang saya pahami," ujar Surya usai diperiksa di Gedung KPK, Jumat (23/10/2015) malam.

Surya tak merinci betul isi pertemuan itu, namun ia mengaku sudah menjelaskan seluruhnya pada penyidik KPK. Ia bersedia diperiksa kembali jika KPK masih membutuhkan keterangannya.

"Ini penting untuk transparansi. Kalau diperlukan. Kalau tidak ya tidak apa-apa. Saya telah tawarkan rekonstruksi ulang, kalau perlu live di stasiun TV, apa sih isinya pertemuan itu, siapa yang duduk, apa bicara, karena ini semua penting tapi itu terserah kepada penyidik," ujar mantan politisi Golkar itu.

Hari ini KPK memeriksa Surya Paloh, ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Patrice Rio Capella. Surya datang ke KPK sekira pukul 19.51 WIB dan meninggalkan gedung KPK pukul 23.00 WIB.

Sebelumnya Rio dijadikan tersangka terkait dugaan penerimaan gratifikasi dari tersangka Gatot Pudjo Nugroho dan Evy Susanti terkait pengamanan penanganan perkara bantuan sosial Provinsi Sumatera Utara di Kejaksaan Tinggi Sumut atau Kejaksaan Agung.

Rio ditahan di Rutan Cipinang cabang Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Penahanan Rio sampai 20 hari ke depan sejak hari ini, Jumat.

Rio dijerat dengan Pasal 12 huruf a dan b atau Pasal 11 Undang-Undang 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi.


(DRI)

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

51 minutes Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Pengamanan d…

BERITA LAINNYA