Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh Akibat Banjir Pasokan

   •    Sabtu, 24 Oct 2015 10:10 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh Akibat Banjir Pasokan
Ilustrasi kilang minyak -- FOTO: Reuters/Tood Korol

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak membentangkan kerugian mereka hingga minggu kedua pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), di tengah sedikit tanda akan berakhirnya situasi kelebihan pasokan minyak mentah global.

Mengutip Antara, Sabtu (24/10/2015). di perdagangan New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember berakhir pada USD44,60 per barel, turun 78 sen dari sehari sebelumnya dan jatuh USD2,02 penutupan Jumat sebelumnya.

Di perdagangan London, minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember kehilangan sembilan sen menjadi menetap di USD47,99 per barel, setelah jatuh ke terendah USD47,45. Seminggu yang lalu Brent ditutup pada USD49,93 per barel.

Harga minyak mentah di kedua pasar tenggelam setelah Tiongkok memangkas suku bunganya lagi dalam apa yang beberapa orang ambil sebagai sinyal kekhawatiran lebih besar atas pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua dunia itu.
 
"Ini adalah hari skizofrenia untuk komoditas," kata analis CMC Markets Jasper Lawler.

Fawad Razaqzada dari perusahaan perdagangan Gain Capital mengatakan gambaran keseluruhan minggu ini pasar masih kelebihan pasokan yang kemungkinan akan lebih penuh lagi ketika ekspor minyak mentah Iran melonjak setelah embargo Barat atas negara dicabut.

Harga minyak terpukul pada Rabu setelah Departemen Energi AS mengatakan persediaan minyak komersial negara itu melonjak delapan juta barel menjadi 476,6 juta barel pada minggu yang berakhir 16 Oktober.

Sementara itu, jumlah rig Baker Hughes North American yang dirilis Jumat menunjukkan hanya penurunan kecil dalam pengeboran AS, sehingga produksi tetap tinggi. USD naik terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat, karena data ekonomi yang keluar dari negara itu lebih baik dari perkiraan.


(ABD)

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

41 minutes Ago

DPP Partai Golkar tengah menggelar rapat pleno dengan agenda konsolidasi internal pasca-kasus y…

BERITA LAINNYA