Begini Cara Menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas

Nia Deviyana    •    Sabtu, 24 Oct 2015 10:40 WIB
bpjs kesehatan
Begini Cara Menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas
Kartu BPJS Kesehatan. (foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Puskesmas, klinik, atau dokter keluarga yang tertera di kartu BPJS Kesehatan adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus didatangi peserta BPJS untuk mendapatkan pengobatan pertama saat sakit. Jadi, jangan sampai salah dengan datang langsung ke rumah sakit, kecuali dalam kondisi darurat. Berobat di Puskesmas dengan BPJS Kesehatan pun terbilang sangat mudah. 

"Anda tinggal menunjukan kartu BPJS Anda saat mendaftar di loket pendaftaran. Semudah itu," jelas Wijayanti selaku Koordinator Pelayanan BPJS Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu kepada Metrotvnews.com. 

Meski demikian, masih banyak pasien yang belum mengerti tata cara memakai BPJS. Kesalahan yang sering terjadi misalnya, salah mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) sehingga tidak sesuai dengan yang tertera di kartu. Sebagai contoh, warga Kecamatan Setiabudi berobat di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. 

"Pernah ada kasus seperti itu, tapi tidak banyak. Pertama, bisa saja karena orang tersebut sedang menginap di rumah saudara, lalu jatuh sakit. itu kan kondisinya darurat, jadi harus ditangani. Bisa juga karena memang tidak paham. Tapi tetap kami layani, tapi juga kita beritahukan agar lain kali tidak salah lagi," kata dia.

Yanti menambahkan, Puskesmas menjamin segala pengobatan sejauh yang bisa ditangani dokter Puskesmas dan ketersediaan alat-alat di Puskesmas tersebut. "Kalau tidak bisa ya langsung kami rujuk ke rumah sakit," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Departemen Komunikasi dan Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi, rujukan berjenjang merupakan prosedural penting yang harus diketahui para pemegang kartu BPJS Kesehatan. Ini untuk mencegah pasien BPJS salah melangkah sehingga pengobatan pun menjadi tertunda.

"Kalau sakitnya batuk, flu atau demam, jangan langsung ke rumah sakit tapi ke klinik atau puskesmas terlebih dulu. Kalau puskesmas tidak mampu menangani baru dirujuk ke rumah sakit, itu lebih mudah. Kecuali dalam keadaan darurat baru bisa langsung menuju rumah sakit besar seperti RSCM atau Fatmawati, untuk wilayah Jakarta," terangnya. (Nia/Sumarni)


(LOV)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

8 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA