Sesame Street Kenalkan Karakter Baru Penyandang Autisme

Nia Deviyana    •    Sabtu, 24 Oct 2015 10:51 WIB
sesame street
Sesame Street Kenalkan Karakter Baru Penyandang Autisme
Julia, karakter baru Sesame Street. (Foto:Dailymail)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Sebuah karakter baru resmi bergabung bersama Elmo dan kawan-kawan di Sesame Street. Namun, berbeda dari yang lain, karakter baru bernama Julia ini menyandang autisme. 

Hal tersebut diungkapkan dalam workshop bertajuk "Sesame Street and Autism: See Amazing in All Children initiative".

"Kami ingin menyebarkan cinta dan penerimaan lewat karakter baru ini. Semua orang tersentuh oleh autisme, dengan menciptakan Julia, Sesame Street membuat anak-anak bersatu," ujar Dr Jeanette Betancourt, wakil presiden senior komunitas lokakarya masyarakat seperti dilansir Daily Mail.

Karakter Julia juga akan hadir di dalam buku cerita digital berjudul  We're Amazing, 1, 2, 3!.  

"Karakter Julia dikembangkan dengan masukan orangtua dan orang-orang yang melayani penderita autisme. Kita juga ingin mengedukasi masyarakat bagaimana cara yang benar menghadapi anak autis," tulis situs Sesame Street.

Adapun proses pembuatan narasi dan riset untuk karakter baru ini berlangsung kurang lebih tiga tahun. Data menyebutkan, satu dari 68 anak di dunia memiliki autisme, dan kerap mendapat perlakuan tak menyenangkan serta bullying. 

"Tujuan kami ingin mendatangkan persamaan di antara anak-anak, bukan perbedaan. Di cerita ini, anak-anak normal berbagi sukacita dan bermain bersama autisme. Mereka berteman dan kompak sebagai kelompok," tambah situs tersebut.
(LOV)