Manfaat Mendengarkan Anak Bercerita

   •    Sabtu, 24 Oct 2015 11:07 WIB
keluarga
Manfaat Mendengarkan Anak Bercerita
Dengarkan saat anak bercerita. (Foto:briandollar.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam mendidik anak perlu keterampilan tertentu. Sebenarnya, banyak pelajaran lebih yang orangtua dapatkan ketika membesarkan anak-anak.

Mendengarkan percakapan anak dengan Anda itu sangat penting. Sebab, dari sanalah Anda dapat mengetahui tentang perasaan dan emosi buah hati Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin membesarkan anak Anda sehat secara emosional penting untuk Anda menjadi pendengar yang baik. Sebab, ini manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengakui anak Anda
Anak yang merasa tidak diakui akan menjadi pribadi yang penyendiri hingga membangkang. Mereka cenderung melakukan hal-hal yang buruk untuk mendapatkan perhatian Anda. Namun, bila Anda mendengarkan setiap ucapannya, dia akan menganggap Anda mengakui dirinya sebagai seorang anak.

2. Memberikan rasa aman
Ketika Anda sabar mendengarkan anak Anda, dia mungkin merasa aman dari Anda. Sesibuk apapun Anda, pastikan Anda selalu menghabiskan waktu-waktu yang berkualitas dengan mendengarkan keluh kesah ataupun cerita hariannya agar dia merasa lebih aman.

3. Terlindungi
Saat sedang ada masalah, anak Anda pasti akan menceritakannya kepada Anda. Nah, tiba saatnya Anda memberikan solusi, dan di situlah anak Anda merasa terlindungi.

4. Bisa memantau perkembangan
PRoses saat Anda mendengarkan sang anak bercerita juga bisa membuat Anda memantau perkembangannya secara langsung. Anda bisa melihat apakah ia sedang sakit atau tidak.

5. Berperan jadi orang tua yang baik
Ya, Anda secara bertahap akan menjadi orang tua yang lebih baik ketika Anda menjadi seorang pendengar yang baik untuk anak Anda. Anda akan mencoba memenuhi semua kebutuhannya dan menjadi tameng saat ia dirundung masalah. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)