Helikopter Menteri Gagal Mendarat Akibat Asap

   •    Sabtu, 24 Oct 2015 11:51 WIB
kabut asapkebakaran hutan
Helikopter Menteri Gagal Mendarat Akibat Asap
Kabut asap. Foto: Antara/Jessica Helena

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Helikopter yang ditumpangi sejumlah menteri Kabinet Kerja yang hendak ke Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, batal mendarat dan kembali ke Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin karena tebalnya kabut asap.

"Ya, sekarang rombongan ke Pulang Pisau naik bus," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang dihubungi melalui pesan pendek oleh Antara, di Banjarmasin, Sabtu (24/10/2015).

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengajak empat menteri Kabinet Kerja meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Luhut bersama rombongan naik helikopter menuju Pulang Pisau dari Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hari ini. Menteri yang ikut dalam rombongan yaitu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Selain empat menteri dan satu menko, ikut dalam rombongan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan. Namun, karena tebalnya asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah, empat helikopter yaitu dua milik TNI AU, satu milik swasta dan milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) harus memutar arah kembali ke Banjarmasin.

Para pejabat tersebut berada di Kalimantan untuk meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan serta melihat kesiapan evakuasi korban kabut asap.


(UWA)