Obama Tak Sambut Jokowi saat Tiba di AS

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 24 Oct 2015 11:55 WIB
indonesia-as
Obama Tak Sambut Jokowi saat Tiba di AS
Presiden Obama tidak akan menjemput Presiden Jokowi di bandara (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tidak akan menyambut Presiden Joko Widodo saat tiba di AS pada Minggu (25/10/2015).

Ini adalah aturan protokol yang biasa dilakukan oleh Presiden Obama. Adapun rombongan Presiden Jokowi akan tiba di Pangkalan Udara Militer Andrews di Maryland, pada 25 Oktober 2015 malam waktu setempat.

Pesawat Boeing 737-800 (Boeing Business Jet 2) yang ditumpangi akan tiba di pangkalan udara yang juga kediaman dari Air Force One. Sejak 1959, pangkalan udara tersebut ditetapkan sebagai titik keluar masuk tamu negara.

Kembali kepada mengapa Obama tidak akan menyambut Jokowi di Pangkalan Udara Andrew? Karena sesuai protokol sejak 1960an, Presiden AS tidak menjemput tamu negara langsung di Pangkalan Andrews. Demikian diberitakan VOA Indonesia, Sabtu (24/2015).

Terakhir kali seorang Presiden AS menjemput kedatangan Presiden Indonesia di bandara adalah ketika Presiden John F Kennedy menjemput Presiden Soekarno pada April 1961 serta September 1961.

Hanya ada beberapa pengecualian dalam penyambutan tamu negara di Andrews, yaitu ketika Presiden Obama dan keluarganya menyambut Paus Fransiskus bulan September lalu. Ini melanjutkan tradisi yang dimulai Presiden George W. Bush ketika menyambut Paus Benediktus tahun 2008.

Selain ada kejadian khusus di mana presiden dan tamu negara akan segera terbang ke lokasi lain, sebagaimana yang dilakukan Presiden Obama saat menjemput Presiden Perancis Francois Hollande ke Andrews pada 2014 kemudian mengajaknya terbang ke Charlotesville mengunjungi Monticello, kediaman Thomas Jefferson, presiden ketiga Amerika Serikat.

Dari Andrews, Presiden Jokowi akan menuju Blair House, wisma khusus untuk tamu negara yang terletak tak jauh dari Gedung Putih. Staff Blair House sudah siap menyambut Presiden Jokowi termasuk dengan pengibaran bendera merah putih di depan gedung. Presiden Jokowi baru akan bertemu Presiden Obama dalam pertemuan di Gedung Putih yang dijadwalkan Senin 26 Oktober.

Tidak hanya dengan Presiden Obama, Jokowi pun akan melakukan pertemuan dengan kalangan pengusaha setempat. Presiden juga akan bertemu masyarakat Indonesia yang ada di Negeri Paman Sam.

Hal menarik lain dalam kunjungan ini adalah, Presiden Jokowi turut mengunjungi pusat industri kreatif di California. Di antaranya Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan petinggi Google, Apple dan perusuhaan teknologi lainnya.


(FJR)