Ratu Denmark Kagumi Batik Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Sabtu, 24 Oct 2015 14:01 WIB
kunjungan kenegaraan
Ratu Denmark Kagumi Batik Yogyakarta
Ratu Margrethe II (bertopi coklat) ditemani Kepala Balai Kerajinan dan Batik, Zulmalizar (berkerudung) berkeliling melihat stan batik. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ratu Denmark HM Margrethe II menyempatkan diri mengunjungi Yogyakarta di akhir kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Tiba di kota Budaya, Ratu Margrethe langsung mengunjungi Balai Besar Kerajinan dan Batik di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta.

Sejak kecil wanita berusia 75 tahun ini menyukai segala hal berbau budaya. Ia pun sangat menyukai batik sebagai produk budaya asli Indonesia. Rombongan Ratu Margrethe tiba di Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta pukul 11.50 WIB.

Ia mengenakan pakaian putih bermorif garis-garis dan topi coklat. Ratu Denmark segera menghampiri stan batik di lobi balai batik. Ia melihat produk-produk batik yang dipamerkan serta menanyakan cara pembuatan motif batik.

Saat berkunjung ia sempat menanyakan fungsi malam yang merupakan pewarna kain batik kepada penjaga stan. Kedatangannya disambut Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik, Zulmalizar, bersama perwakilan Pemda DIY diiringi gending gamelan Jawa.

Setelah berkeliling-keliling stan batik sekitar 30 menit, ratu dan rombongan meninggalkan lokasi dan menuju ke Universitas Gajah Mada.

Sebelum meninggalkan tempat kunjungan, Ratu Margrethe mendapatkan cenderamata hiasan dinding kain batik dari Balai Besar Kerajinan dan Batik. "Kami beri souvenir hiasan dinding kain batik yang sudah dipigurakan. Ada 24 motif batik tradisional Yogyakarta di dalamnya. Kami berikan pula filosofi motif batik tersebut," tutur Zulmalimar, di Yogyakarta Sabtu (24/10/2015).

Dalam kunjungan itu hadir Menteri Luar Negeri Denmark dan Dubes Denmark untuk Indonesia.


(UWA)