1.133 Ha Tanaman Padi Langkat Terkena Banjir

   •    Sabtu, 24 Oct 2015 14:53 WIB
pertanian
1.133 Ha Tanaman Padi Langkat Terkena Banjir
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Langkat: Perkiraan sementara seluas 1.133 hektare (ha) tanaman padi petani di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir akibat meluapnya Sei Batang Serangan dan juga tanggul jebol karena curah hujan yang cukup tinggi dua hari terakhir ini.

"Ada seluas 1.133 ha tanaman padi yang terendam banjir di beberapa desa yang ada di Kecamatan Tanjungpura," kata Koordinator Unit Pertanian Teknis Kecamatan Tanjungpura Mariono, seperti dikutip dari Antara, di Tanjungpura, Sabtu (24/10/2015).

Mariono menjelaskan hujan deras yang terjadi dua hari ini membuat air Sei Batang Serangan meluap. Selain itu, juga tanggul penahan banjir di Desa Pematang Cengal Barat akhirnya jebol, sehingga air masuk ke lahan persawahan.

"Padahal 10 hari lagi petani di Desa Pematang Cengal Barat mau panen. Dengan banjir yang merendam tanaman mereka ini mengakibatkan petani harus secepatnya panen," ungkapnya.

Termasuk juga yang berada di Desa Pekubuan, lahan sawah yang mau panen juga mengalami kebanjiran. Petani juga sedang berupaya untuk menyelamatkan tanaman mereka. "Petani harus panen secepatnya untuk menyelamatkan padi yang sudah menguning namun belum waktunya dipanen," ujarnya.

Adapun tanaman padi yang terendam banjir kali ini seperti di Desa Pematang Cengal Barat seluas 400 ha, Desa Baja Kuning seluas 112 ha, Desa Sukamaju seluas 385 ha, Desa Karya Maju seluas 160 ha, dan Desa Pekubuan seluas 86 ha.

"Itu data sementara yang berhasil dihimpun sekarang ini. Mereka juga masih menunggu laporan dari petugas lapangan yang sekarang ini sedang berada di beberapa desa lainnya yang terkena banjir," pungkasnya.


(ABD)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA