Resep Menciptakan Makanan Lezat ala Koki Dunia Gary Rhodes

Putu Radar Bahurekso    •    Sabtu, 24 Oct 2015 16:17 WIB
kuliner
Resep Menciptakan Makanan Lezat ala Koki Dunia Gary Rhodes
Gary Rhodes. (Foto:MTVN/Putu Radar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang chef kelas dunia asal Inggris yang mendapat banyak penghargaan bintang Michelin, Gary Rhodes, menyatakan bahwa baginya mencoba makanan dari berbagai tempat dan berbagai negara adalah sebuah pembelajaran.

“Buat saya makan adalah proses belajar. Bisa mengetahui rasa, keunikan, dan gaya khas masing-masing daerah yang berbeda-beda adalah sebuah pembelajaran,” ujar Gary Rhodes saat ditemui di Central Park, Jakarta.

Gary Rhodes juga menceritakan bagaimana ia belajar dan mengagumi berbagai jenis rasa masakan khas tiap daerah di negara-negara yang berbeda. “Saat belajar saya sempat mencoba menyusuri makanan-makanan di Prancis, Spanyol, dan negara lainnya untuk mengetahui bagaimana rasa makanan bisa berubah di setiap daerah,” ucap Gary Rhodes.

“Beberapa bulan yang lalu saya pergi ke China saya mulai dari Hongkong kemudian saya coba untuk pergi ke berbagai tempat di China dan yang menarik adalah setiap tempat memiliki rasa dan keunikan makanan masing-masing. Itu adalah sebuah pembelajaran yang berharga bisa mencicipi setiap makanan tersebut,” tambahnya.

Celebrity chef ini juga menceritakan rahasia dan filosofi-nya dalam memasak. Kesederhanaan, karakter, dan identitas masakan menjadi hal yang penting baginya.

“Resep rahasia memasak saya adalah kesederhanaan, dengan bahan dan kombinasi yang pas kamu bisa dapatkan kenikmatan dari makanan tersebut, kekayaan dan cita rasa yang maksimal. Semuanya masalah keseimbangan,” tuturnya.

Itulah filosofinya dalam memasak. Biarkan bahan makanan mengeluarkan karakternya masing-masing sehingga muncul lah rasa khas masakan dari berbagai daerah di penjuru belahan dunia ini.

“Setiap masakan dari negara yang berbeda punya gaya, identitas, dan ciri khas masing-masing. Nikmatilah apa yang kamu makan,” pungkasnya.

Gary Rhodes adalah seorang koki dan juga penulis buku masak. Dalam 35 tahun perjalanan karirnya dia berusaha untuk memberikan perhatian dan membangkitkan makanan klasik Inggris seperti faggots, fishcakes, braised-oxtail, dan juga bread and butter pudding. Ia sudah berhasil membawa penghargaan bintang Michelin di usia 26 tahun dan kini ia dijuluki sebaga ‘The Chef’s Chef’ oleh sesama koki.


(LOV)