Pemerintah Diminta Tangkap Pembuka Lahan Yang Membakar Gambut

Deny Irwanto    •    Sabtu, 24 Oct 2015 16:20 WIB
asap
Pemerintah Diminta Tangkap Pembuka Lahan Yang Membakar Gambut
Kebakaran lahan----Ant/Nova W

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini pemerintah beserta jajarannya masih melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan di wilayah Kalimantan dan Sumatra. Dalam upayanya, pemerintah juga diminta tidak hanya fokus pada penanggulangan saja.

Kepala Divisi Kampanye Walhi, Nur Hidayati mengatakan, untuk lebih efektif lagi, seharusnya pemerintah bisa menghentikan proses pembukaan lahan oleh perusahaan dengan cara membakar.

"Selain melakukan evakuasi, untuk menghentikan pembakaran itu, segera pemerintah menghentikan aktivitas pembukaan lahan, kalau ada yang melakukan itu langsung saja ditangkap," kata Nur dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/10/2015).

Nur juga meminta pemerintah daerah maupun pusat bisa melakukan bloking kanal yang terbentang di sepanjang lahan gambut wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Terutama kanal primer, itu harus segera ditutup pemerintah. Bukan membangun kanal baru. Karena akan membuat kering lahan gambut. Itu harus segera dilakukan pengerahan sumber daya manusia yang besar, harus dilakukan untuk bloking kanal sendiri," beber Nur.


(TII)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

38 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA