Perusahaan Pelaku Pembakaran Hutan Diminta Ikut Bertanggung Jawab

Deny Irwanto    •    Sabtu, 24 Oct 2015 16:21 WIB
asap
Perusahaan Pelaku Pembakaran Hutan Diminta Ikut Bertanggung Jawab
Kepala Divisi Kampanye Walhi, Nur Hidayati---MTVN/Deny

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan yang terlibat dalam pembakaran hutan yang menyebabkan bencana asap di wilayah Kalimantan dan Sumatera diminta ikut bertanggung jawab. Pemerintah pun harus berani mencari dan mengungkap nama perusahaan.

"Kalau segi penegakan hukum, meminta perusahaan untuk ganti rugi, ini kewajiban pemerintah, itu (pembakaran) ada referensi pemerintah. Artinya jika di satu usaha menimbulkan dampak buruk, perusahaan wajib ganti rugi," kata Kepala Divisi Kampanye Walhi, Nur Hidayati dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/10/2015).

Nur menegaskan, bencana ini merupakan tanggung jawab perusahaan. Perusahaan diminta tidak bisa kabur begitu saja. Pemilik perusahaan harus memberikan tanggung jawab. Jika tidak, pemilik harus kena jerat hukum.

"Lalu penegakan hukum secara pidana? penanggung jawab itu harus kena, pemilik grup perusahaan itu harus kena. Karena ini berasal dari kebijakan, pemerintah itu harus berani mengeluarkan nama grup perusahaan yang terlibat, sehingga masyarakat tahu siapa yang bertanggunggjawab," jelas Nur.

Sejauh ini, lanjut Nur, dalam menangani kabut asap, pemerintah masih dinilai lambat. Akibatnya, kebakaran sudah di luar kendali.

"Tidak tahu lagi bagaimana mengatasi. Di satu sisi ada terlihat lempar tangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tandas dia.


(TII)

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

29 minutes Ago

Idrus menuturkan, dalam perbincangan dengannya beberapa hari lalu, Novanto mengaku ikhlas dan t…

BERITA LAINNYA