Rusia Siap Dukung Pemberontak Suriah dengan Serangan Udara

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 24 Oct 2015 17:50 WIB
suriah membara
Rusia Siap Dukung Pemberontak Suriah dengan Serangan Udara
Jet tempur Sukhoi SU-34 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Rusia makin aktif melakukan serangan di Suriah. Mereka pun menyatakan siap mendukung pemberontak Suriah dengan serangan udara.

"Kami siap memberikan dukungan kepada kelompok Free Syrian Army dengan serangan udara. Tentunya kami siap bekerja sama dengan erat bersama dengan Amerika Serikat (AS) dalam upaya melawan militan di Suriah," ujar Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/10/2015).

"Perlu ada pemilu presiden dan parlementer di Suriah, sebagai bagian dari pemecahan masalah politik. Saya harap ada kemajuan yang bisa dicapai di masa mendatang," lanjutnya.

Angkatan Udara Rusia sudah melancarkan lebih dari 700 misi udara terhadap 690 target di Suriah sejak 30 September.

AS menilai serangan ini sebagai kebijakan cacat yang dilakukan oleh Rusia. Menteri Pertahanan AS Ashton Carter bahkan menyebutkan tidak akan bekerja sama dengan Rusia, dalam operasi di Suriah.

Presiden Vladimir Putin mengatakan serangan ini untuk menghabisi kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun, ada beberapa serangan yang juga mengenai pemberontak, musuh Presiden Bashar al-Assad.

Tetapi popularitas Presiden Putin melonjak drastis hingga hampir menyentuh 90 persen, keputusannya melancarkan serangan udara terhadap kelompok militan ISIS. (Baca: Gempur ISIS, Popularitas Putin Nyaris Sentuh 90 Persen).

VTsIOM melaporkan rating Putin mencapai 89,9 persen pada Oktober, naik dari 89,1 di bulan Juni. Pada Januari 2012, VTsIOM melaporkan rating Putin hanya 58,8 persen.

Sebelum serangan udara dimulai di Suriah, warga Rusia sempat khawatir terhadap keterlibatan Putin dalam konflik Timur Tengah. Namun dalam survei awal bulan ini, 72 persen warga mengungkapkan opini positif terhadap keputusan Putin.

Putin, yang kekuasaan periode ketiganya berlangsung hingga 2018, telah menikmati rating di atas 80 persen selama lebih dari 1,5 tahun.

Lembaga survei lainnya, Levada Center yang bukan milik pemerintah, juga melaporkan rating tinggi untuk Putin. Levada Center melaporkan rating Putin mencapai 83 persen pada Agustus tahun ini.


(FJR)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

2 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA