Pemprov Jatim Beri Bantuan Puluhan Ribu Anak Yatim Seluruh Indonesia

Amaluddin    •    Sabtu, 24 Oct 2015 17:56 WIB
sosial
Pemprov Jatim Beri Bantuan Puluhan Ribu Anak Yatim Seluruh Indonesia
Istri Wagub Jatim melakukan kegiatan bersama anak-anak yatim, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) ‎berikan bantuan kepada siswa bagi 15.352 anak yatim berprestasi di seluruh Indonesia, termasuk di Surabaya. Selain itu, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan kepada ‎16 ribu anak telantar dan 165 ribu anak yatim di seluruh Jatim. Hal dilakukan untuk memperingati bulan Muharram.

"Total seluruh beasiswanya yang diberikan Pemprov Rp4 miliar lebih,"‎ Pengurus Yatim Mandiri Surabaya, sumarno, di sela-sela pemberian beasiswa, di Surabaya, Sabtu (24/10/2015). 

Selain beasiswa, Yatim Mandiri juga berikan alat tulis sekolah bagi 15 ribu anak yatim dengan anggaran sebesar Rp1 miliar lebih. "Program ini kita berikan setahun dua kali yaitu untuk anak semester I dan II," kata dia. 

Untuk membantu anak yatim, berbagai pelatihan juga dilakukan khususnya bagi mereka yang telah lulus sekolah.

Sementara itu, Fatma Saifullah Yusuf, istri Wakil Gubernur Jawa Timur mengapresiasi kegiatan ini. Untuk membantu anak yatim, Pemerintah Jawa Timur juga terus melakukan berbagai kegiatan diantaranya dengan memberikan tabungan bagi 16 ribu anak terlantas dan 165 ribu anak jalanan. "Mereka diberikan tabungan masing-masing Rp1 juta," kata Fatma.

Kepedulan bagi anak yatim, kata dia, saat ini memang mulai tumbuh di tengah masyarakat. Berbagai organisasi yang konsisten membantu anak yatim saat ini juga telah banyak.

"Organisasi peduli anak yatim harus lebih didorong agar tak hanya fokus pada penyantunan melainkan juga bagaimana organisasi tersebut bisa lebih peduli dan giat dalam melakukan pelatihan dan pedampingan bagi anak yatim sehingga mereka bisa lebih mandiri," tandasnya.



(RRN)