Ini Isi Pertemuan Presiden Jokowi dan Megawati

K. Yudha Wirakusuma    •    Sabtu, 24 Oct 2015 22:50 WIB
kabut asapasap
Ini Isi Pertemuan Presiden Jokowi dan Megawati
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Antara/Widodo S Yusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak hal yang digagas saat pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka. Pertemuan tersebut berlangsung sambil menikmati hidangan makan siang.

Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Megawati ditemani Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Mengingat Presiden akan segera bertolak ke Amerika Serikat, tentunya sangat relevan bagaimana kebijakan politik luar negeri bebas aktif dijalankan. Lebih-lebih dengan posisi geopolitik Indonesia yang sangat strategis", ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sabtu (24/10/2015).

Pertemuan tersebut juga membahas soal penanganan bencana asap. Dalam kesempatan tersebut, kewaspadaan nasional harus menjadi perhatian semua. 

"Jangan sampai ada pihak ketiga yang menggunakan hal tersebut untuk kepentingan politik tertentu. Karena itulah selain membahas bagaimana menangani bencana asap tersebut, aspek-aspek politik strategis juga disinggung," ucapnya.

Pembahasan tentang asap diakhiri dengan penegasan, apapun yang terjadi, pemerintah harus menggunakan seluruh daya upaya agar rakyat tidak menjadi korban.

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut Presiden Jokowi juga menjelaskan berbagai upaya mendorong pertumbuhan nasional.

"Salah satu yang menggembirakan, inflasi sudah berhasil ditekan dengan baik", imbuh Pramono.

Pramono Anung menambahkan pertemuan juga membahas pilkada serentak agar berjalan demokratis, aman dan damai.

Tak lupa Megawati Soekarnoputri mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya nenek Presiden Jokowi.


(MEL)