West Ham United vs Chelsea

West Ham Permalukan Chelsea, Mourinho dan Matic Dikartu Merah

Kautsar Halim    •    Sabtu, 24 Oct 2015 23:28 WIB
liga inggris
West Ham Permalukan Chelsea, Mourinho dan Matic Dikartu Merah
Gelandang Chelsea Nemanja Matic berjalan keluar lapangan karena dikartu merah. (AP Photo/Matt Dunham)

Metrotvnews.com, London: West Ham United berhasil menaklukkan Chelsea pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu 24 Oktober. The Hammers berhasil menggebuk jawara musim lalu tersebut dengan skor, 2-1, sambil mengusir dua sosok penting Chelsea dari lapangan.

Tidak mudah bagi Chelsea untuk menghadapi West Ham di Stadion Boleyn Ground tersebut. Jalannya laga berlangsung dalam tensi yang tinggi dan peluang-peluang yang diciptakan tim tuan rumah pun terbilang lebih matang.

Chelsea yang lebih sedikit unggul dalam segi penguasaan bola sering kewalahan ketika The Hammers melancarkan serangan balasan. Sayang, peluang-peluang emas itu masih gagal dimanfaatkan dengan baik oleh para penyerangnya.

Satu-satunya gol dalam babak pertama berhasil diciptakan oleh Mauro Zarate pada menit ke-17. Prosesnya terbilang menarik karena dilakukan dengan tendangan spekulasi yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Chelsea. Tendangan Zarate mengarah lurus dengan keras ketika bola liar itu yang menghampiri dirinya.

Lima menit menjelang turun minum, jalannya pertandingan makin sengit. Chelsea yang makin agresif menggedor pertahanan West Ham malah harus kehilangan salah satu gelandang bertahannya, Nemanja Matic. Pemain asal Serbia itu diusir wasit pada menit ke-44 karena mendapat akumulasi kartu kuning. Pelanggaran keras kedua Matic dilakukan kepada striker West Ham, Diafra Sakho.

Makin mepetnya waktu di babak pertama membuat kedua tim tidak banyak membuat peluang. Keunggulan 1-0 milik West Ham itu tetap bertahan meski injury time babak pertama berlangsung selama dua menit.

Ada yang menarik ketika jalannya pertandingan harus dihentikan saat turun minum. Pelatih Chelsea Jose Mourinho terpaksa mendapat kartu merah karena diduga melakukan protes keras terhadap ofisial pertandingan. Alhasil, The Blues pun bermain tanpa didampingi Mourinho sepanjang babak kedua.

Meski harus kehilangan Mourinho dan Matic, ritme serangan tinggi yang ditampilkan Chelsea tetap belum surut pada babak kedua. Itu terbukti setelah lahirnya gol balasan oleh Tim Cahill pada menit ke-55. Bek berusia 29 tahun itu sukses mencetak gol setelah memanfaat kemelut di depan gawang West Ham.

Tidak terima skor tersebut disamakan Chelsea menjadi, 1-1, pelatih West Ham Stefan Bilic sempat melakukan pergantian pemain yang cukup menentukan. Pada menit ke-69, ia mengganti Mauro Zarate dengan Andy Carroll yang nantinya bakal menciptakan gol kemenangan.

Tepat 10 menit setelah Carrol dimainkan, gol kemenangan West Ham akhirnya tercipta. Mantan pemain Liverpool bertubuh jangkung itu sukses mencetak gol dengan sundulan setelah menerima umpan silang Aaron Cresswell. Cesar Azpilicueta, bek Chelsea yang saat itu mengawal Carrol tampak tidak berdaya karena kalah tinggi dan sedang diapit satu pemain West Ham lainnya.

Chelsea sempat memainkan Radamel Falcao dan menggantikan Azpilicueta setelah kembali tertinggal. Sayang, nasi sudah menjadi bubur karena keunggulan 2-1 West Ham itu tetap bertahan hingga peluit berakhirnya pertandingan menjerit.

Seiring kemenangan ini, artinya West Ham sukses menanjak ke urutan kedua klasemen sementara atau berhak menggeser Manchester United dan Arsenal. Sementara itu, sang juara bertahan masih terpuruk di urutan ke-15.

Berikut susunan pemain kedua tim:

West Ham: Adrian, Jenkinson, Tomkins, Collins, Cresswell, Noble (c), Kouyate, Zarate, Payet, Lanzini, Sakho.

Chelsea: Begovic; Zouma, Cahill, Terry (c), Azpilicueta; Ramires, Matic; Willian, Fabregas, Hazard; Diego Costa.


 


(PAT)